free page hit counter
asuransi kesehatan dari bank bri

Mengenal Asuransi Kesehatan Dari Bank BRI Serta Daftar Produknya

Artikel diperbarui pada 3 November 2022.

Masyarakat era kini, sudah banyak mendaftarkan dirinya di perusahaan penyedia jasa asuransi termasuk kesehatan. Salah satunya yaitu asuransi kesehatan dari bank bri yang cukup memiliki nama di kalangan masyarakat. Kepemilikan asuransi kesehatan tersebut, cukup penting untuk menjamin kesehatan di masa datang.

Asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh Bank BRI merupakan program unggulan dari PT Asuransi BRI Life, anak perusahaan dari PT BRI. Berdiri sejak tahun 1987, perusahaan tersebut menyediakan layanan untuk seluruh nasabah kredit dari Bank BRI.

Biaya yang dikeluarkan pun termasuk masih terjangkau untuk semua golongan. Produk asuransi kesehatan milik BRI Life bisa digunakan untuk individu, kelompok maupun karyawan suatu perusahaan.

Dengan alasan tersebut, tidak heran jika perusahaan asuransi tersebut cukup terkenal di Indonesia. Kini BRI Life terus berusaha memperlebarkan sayapnya untuk bisa menjangkau nasabah yang lebih luas lagi.

Daftar Produk Serta Polis Asuransi Kesehatan Milik Bank BRI

Produk yang diberikan asuransi kesehatan dari bank bri sangat beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat. Tidak hanya itu, manfaat dari produk tersebut juga cukup banyak. Berikut daftar produk dari asuransi kesehatan Bank BRI beserta polisnya:

1. Dasetera

Asuransi kesehatan milik BRI memiliki satu produk yang disebut dengan asuransi dana sehat sejahtera atau yang lebih dikenal dengan Dasetera. Bukan hanya menanggung biaya perawatan saja, Dasetera juga memberikan santunan meninggal dunia pada pemilik asuransi.

Premi juga akan dikembalikan sebanyak 100% jika selama 5 tahun tidak ada klaim sama sekali. Diantara biaya yang ditanggung Dasetera yaitu santunan harian rawat inap, pembedahan hingga perawatan ruang ICU.

Dasetera juga akan mengganti biaya perawatan di rumah sakit menggunakan metode reimbursement. Untuk maksimal lama perawatan, Dasetra memberikan batas hingga 120 hari.

2. Telepro Medicash Optima

Diantara produk asuransi kesehatan BRI lainnya, Telepro Medicash Optima bisa dikatakan yang paling bagus. Bukan hanya asuransi kesehatan saja, Telepro Medicash Optima juga memberikan asuransi jiwa dalam satu paket.

Telepro Medicash Optima bahkan juga akan menanggung semua biaya dari berbagai macam perawatan yang diterima pemilik asuransi. Sama halnya dengan Desetera, Telepro Medicash Optima menanggung biaya rawat inap dan ICU secara harian serta biaya pembedahan.

Telepro Medicash Optima juga menyediakan uang santunan jika pemilik asuransi meninggal dunia. Jika tidak ada klaim, maka premi akan dikembalikan kepada pemilik asuransi.

3. AMKKM

Satu lagi produk BRI Life yaitu asuransi mikro kecelakaan, kesehatan dan meninggal dunia disebut AMKKM juga menjadi salah satu produk dari asuransi kesehatan BRI. Khusus untuk produk AMKKM ini, BRI Life bekerja sama dengan asuransi BRI Simpedes.

Kerja sama tersebut membuat pemilik asuransi mendapatkan manfaat dari asuransi kecelakaan dan jiwa sekaligus. AMKKM menanggung biaya operasi karena kecelakaan, rawat inap, santunan meninggal dunia serta santunan cacat baik total maupun sebagian. 

Premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya juga cukup murah dengan hanya 50 ribu saja. Bisa dikatakan produk asuransi ini yang paling cocok untuk golongan menengah kebawah.

4. Professional Group Health

Berbeda dengan ketiga produk asuransi sebelumnya, professional group health dikhususkan untuk karyawan. Manfaat yang diberikan yaitu berupa asuransi kecelakaan serta penyakit kritis untuk yang tertanggung asuransi. Selain itu, karyawan yang terdaftar juga akan mendapat santunan jika meninggal dunia.

Diantara biaya yang ditanggung oleh produk ini yaitu biaya rawat inap, rawat jalan hingga melahirkan. Bahkan asuransi juga menyediakan biaya perawatan gigi dan penyediaan kacamata. Karyawan yang terdaftar di asuransi professional group health, juga akan memiliki perlindungan diri dari resiko kecelakaan kerja.

Cara Membeli Asuransi Kesehatan Dari BRI

Pasca melihat berbagai produk serta manfaat dari asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh BRI, masyarakat tentu tertarik untuk membeli asuransi tersebut. Proses pembelian atau pendaftaran asuransi kesehatan dari BRI bisa dikatakan cukup mudah.

Tinggal mengunjungi langsung agen BRI life atau menghubungi call center dari perusahaan tersebut. Kini produk-produk asuransi kesehatan BRI juga sudah tersedia di beberapa marketplace atau e-commerce.

Dengan begitu, pendaftaran atau pembelian produk asuransi menjadi lebih mudah dan bisa memilih mana yang terbaik. Disarankan sudah memilih produk yang sesuai kebutuhan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mendaftar.

Metode Pembayaran Premi

Peserta asuransi kesehatan diwajibkan membayar iuran yang disebut dengan premi yang biasanya dilakukan setiap bulan. Besaran premi yang dibayarkan tergantung dari produk asuransi yang dipilih oleh peserta. Berikut beberapa cara membayar premi asuransi kesehatan milik Bank BRI:

1. ATM

Salah satu cara membayar premi asuransi kesehatan bank BRI yaitu dengan menggunakan mesin atm. Peserta tinggal memasukan kartu atm BRI ke mesin dan kemudian pilih menu transaksi lain yang berlanjut ke opsi pembayaran.

Pilih menu asuransi, dilanjutkan dengan pilih kode BRI Life 50010 kemudian terakhir memasukkan nomor polis serta pilih ok. Bukan hanya menggunakan atm dari bank BRI saja, peserta juga bisa membayar menggunakan bank lain.

Pembayaran metode ini menggunakan menu transfer ke bank lain yaitu BRI. Masukkan nomor virtual account BRI Life dan kemudian nominal premi dilanjutkan pilih Ya.

2. SMS dan Mobile Banking

Pembayaran premi asuransi kesehatan dari bank bri juga bisa dilakukan menggunakan sms atau dengan mobile banking. Dengan adanya cara pembayaran tersebut, peserta asuransi tidak perlu keluar rumah. Cukup dengan handphone saja, untuk bisa menyelesaikan pembayaran.

Metode pembayaran ini bisa menggunakan mobile banking BRI maupun bank lainnya. Jika menggunakan BRI bisa pilih menu Briva lalu masukkan nomor virtual account BRI life serta nominalnya. Sedangkan jika memakai mobile banking milik bank lain, cukup pilih menu pembayaran ditujukan pada bank BRI.

3. Internet Banking

Satu lagi cara pembayaran premi yaitu internet banking baik dari Bank BRI maupun bank lainnya. Cara pembayarannya hampir sama dengan mobile banking yaitu menggunakan Briva. Sedangkan untuk internet banking bank lain menggunakan menu transfer antar bank dengan tujuan BRI.

4. Teller Bank

Bagi peserta asuransi yang tidak memiliki atm, mobile banking ataupun internet banking masih bisa menggunakan cara lain. Peserta bisa membayar premi asuransi melalui teller bank secara langsung.

Tinggal datangi kantor bank baik BRI maupun lainnya. Dan serahkan nomor VA dari BRI Life beserta uang untuk membayar premi.

Produk asuransi kesehatan dari bank bri memang sangat banyak dan beragam sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Manfaat yang diberikan juga sangat banyak termasuk santunan kematian. Dengan kelebihan tersebut, tidak heran jika asuransi kesehatan milik Bank BRI menjadi unggulan.

Cara pendaftaran dan juga pembayarannya pun juga sangat mudah dilakukan. Masyarakat tidak perlu kesulitan, karena bisa membayar dengan berbagai metode. Kemudahan-kemudahan tersebut membuat asuransi kesehatan yang dikeluarkan BRI layak menjadi pilihan.

Kepemilikan asuransi kesehatan memang sangat penting ditengah situasi yang tidak bisa diprediksi. Dengan memiliki asuransi kesehatan contohnya di Bank BRI akan membuat kesehatan menjadi terjamin karena biaya sudah ditanggung. Terlebih premi juga akan dikembalikan jika memang tidak ada klaim dari pemiliknya.