free page hit counter
asuransi perjalanan axa schengen

Mengenal Asuransi Perjalanan AXA Schengen untuk Perjalanan yang Terproteksi

Bagi seorang traveler atau sering melakukan perjalanan ke luar Negeri, asuransi perjalanan AXA Schengen bisa menjadi salah satu jaminan untuk kenyamanan perjalanan. Saat membeli tiket perjalanan, pembeli akan diberikan penawaran untuk membeli asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan memberikan jaminan perlindungan selama perjalanan, baik dalam maupun luar Negeri. Tujuannya untuk keamanan dan keselamatan pelanggan dan juga bantuan saat pelanggan mengalami masalah dalam perjalanan.

Pada saat melakukan perjalanan, terkadang muncul masalah yang tidak diinginkan seperti sakit saat di tempat tujuan atau pembatalan tiba-tiba karena musibah. Untuk meminimalisir kerugian, asuransi perjalanan hadir menjadi penolong bagi para pelanggan.

Selain itu, jika pelanggan meninggal saat perjalanan, maka asuransi perjalanan akan mengurus untuk pemulangan jenazah. Untuk menjamin proses transaksi dan penggunaan manfaat, asuransi ini juga terdaftar dan diawasi OJK dengan nama Asuransi Perjalanan AXA.

Apa itu Asuransi Perjalanan AXA Schengen?

Umumnya, negara-negara di Amerika dan Eropa sudah menyediakan dan mewajibkan para pelancong untuk memiliki asuransi perjalanan. Untuk warga Indonesia, bisa menggunakan asuransi perjalanan AXA Schengen jika ingin mengunjungi negara-negara yang berada di kawasan Schengen.

Schengen adalah kawasan yang berisi negara-negara di Eropa, diantaranya adalah Prancis, Belanda, Jerman, dan Negara lainnya dengan total 26 Negara. Dengan asuransi perjalanan,  pelanggan bisa mendapatkan rasa aman saat mengunjungi negara-negara tersebut.

Asuransi perjalanan AXA Schengen dikeluarkan oleh PT Mandiri AXA General Insurance yang memberikan produk asuransi terbaik untuk pelanggannya. Asuransi ini, bisa dipakai untuk multi-trip atau beberapa negara dalam satu perjalanan.

Perbedaan wilayah Schengen dengan lainnya adalah kawasan ini menghapus kebijakan paspor dan memakai visa untuk mengunjungi negara-negara wilayah Schengen. Mayoritas dari wilayah Schengen adalah tujuan perjalanan internasional.

Manfaat Menggunakan Asuransi Perjalanan AXA Schengen

Manfaat utama dari asuransi perjalanan AXA Schengen adalah terjaminnya biaya pengobatan jika pelanggan sakit atau kecelakaan di negara-negara yang dituju. Hal ini, bertujuan untuk melindungi kerugian finansial yang disebabkan kondisi sakit tersebut.

Selain kondisi sakit, asuransi ini juga menjamin jika terjadi keterlambatan penerbangan atau kehilangan barang bagasi yang akan merugikan pelanggan. Berikut daftar lengkap manfaat yang bisa didapatkan:

  • Penutupan penerbangan ganda.
  • Biaya pengobatan, gigi, biaya operasi, dan santunan rumah sakit dari kondisi yang diakibatkan oleh perjalanan.
  • Kecelakaan diri dan santunan akibat kecelakaan seperti kehilangan salah satu anggota badan atau kelumpuhan akibat perjalanan.
  • Biaya pengobatan di Indonesia yang berhubungan dengan perjalanan.
  • Penguburan/kremasi di negara tujuan atau pemulangan jenazah dengan uang santunan kematian dan manfaat perawatan anak.
  • Evakuasi medis darurat dan repatriasi atau pemulangan dengan keamanan.
  • Tanggung jawab hukum pribadi terhadap orang lain seperti kerusakan badan atau barang yang diakibatkan oleh kelalaian pelanggan saat perjalanan.
  • Keterlambatan bagasi minimal 6 jam, keterlambatan perjalanan (per 6 jam), penerbangan tidak sinambung (per 4 jam), bukan diakibatkan kelalaian pelanggan.
  • Pembajakan (per 24 jam) dan perlindungan terorisme.
  • Penundaan atau pengurangan perjalanan jika tiba-tiba pelanggan harus mengurangi periode perjalanan.
  • Kehilangan uang muka atau pembatalan maksimum H-10 keberangkatan.
  • Perlindungan bagasi dan barang milik pribadi, serta perlindungan isi rumah saat ditinggalkan dalam periode perjalanan.
  • Kehilangan uang, dokumen perjalanan, dan perlindungan kartu kredit.

Besaran dana klaim yang akan diterima tergantung pada jenis paket yang dibeli. Tersedia paket gold dan platinum yang perbedaannya dijelaskan secara rinci pada website AXA. Pelanggan bisa membeli asuransi perjalanan, sesuai dengan kebutuhan dengan harga terjangkau.

Cara Membeli Asuransi Perjalanan AXA Schengen

Ada beberapa jenis travel yang sudah bekerjasama dengan asuransi perjalanan dan akan menawarkannya kepada pelanggan. Namun, jika tidak tersedia asuransi perjalanan AXA Schengen sementara pelanggan ingin memakainya maka belilah asuransi secara mandiri.

Untuk membeli produk asuransi perjalanan AXA Schengen, pelanggan bisa melakukannya secara online. Tersedia pula nomor customer care jika ingin bertanya-tanya terlebih dahulu. Jika ingin langsung membeli asuransi ini, cukup mengisi data diri dan membayar dengan mengikuti langkah berikut:

  • Buka website AXA di mypage.axa.co.id.
  • Klik tab Asuransi Kami, kemudian pilih Asuransi Perjalanan.
  • Pad tab Asuransi Perjalanan, pilihlah Asuransi Mandiri Travel International.
  • Setelah laman baru terbuka, klik tombol biru bertuliskan Beli Sekarang.
  • Pelanggan akan dibawa pada form online dari AXA. Form pertama adalah informasi perjalanan berisikan mata uang yang dipilih. Pilihan jenis perjalanan dan jenis paket, serta kapan dan dengan siapa perjalanan dilakukan.
  • Isi form kedua mengenai data pemegang polis. Data tersebut meliputi nama lengkap, email, nomor HP, tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan. Selain itu, diperlukan juga nomor identitas, nomor paspor, dan alamat lengkap.
  • Form selanjutnya adalah data tertanggung yang merupakan data pribadi dan informasi hubungan pemegang polis dengan tertanggung.
  • Pelanggan bisa klik tambahkan orang jika akan menambah data tertanggung.
  • Klik kolom centang yang merupakan persetujuan antara pelanggan dengan asuransi perjalanan AXA.
  • Cek rincian yang muncul dan pastikan data tersebut sudah benar.
  • Klik tombol merah bertuliskan Bayar.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan AXA Schengen

Setelah memahami cara membeli dan manfaat yang bisa diterima, maka pelanggan bisa melakukan perjalanan dengan aman. Jika terjadi sesuatu yang ada dalam proteksi asuransi, maka pelanggan bisa mengklaim dana kepada pihak asuransi.

Keunggulan asuransi perjalanan AXA Schengen adalah klaim yang mudah. Pelanggan hanya perlu mendownload formulir dan setelah lengkap dikirim melalui email. Selain itu, pelanggan bisa berkonsultasi melalui nomor customer care yang tersedia. Berikut langkah pengajuan klaim asuransi perjalanan AXA Schengen:

  • Download formulir klaim yang disediakan oleh website AXA.
  • Isi data diri pemohon dan informasi umum yang menjelaskan jenis klaim dan kronologi kejadian.
  • Isi data bank yang akan dipakai untuk memproses pembayaran setelah klaim disetujui.
  • Lengkapi dokumen yang diperlukan untuk mendukung klaim yang diajukan.
  • Jika sudah lengkap, kirim form klaim dan dokumen ke email customer.general@axa-mandiri.co.id.

Jika cara tersebut tidak efektif, pelanggan bisa masuk ke website AXA dan klik Hubungi Kami. Setelah diklik, akan muncul formulir online yang berisi data dan isi pesan. Pelanggan bisa menyampaikan mengenai klaim yang sudah dikirim melalui email.

Demikian penjelasan mengenai asuransi perjalanan AXA Schengen yang akan membuat perjalanan menjadi lebih aman. Asuransi ini menjadi proteksi dari kerugian dan kerusakan yang dialami akibat atau selama periode perjalanan berlangsung. Proteksi yang diberikan berupa kompensasi, ganti rugi, maupun santunan.

Manfaat dari asuransi perjalanan AXA Schengen, tentu hanya bisa didapatkan jika terjadi suatu hal yang membuat kerugian atau kerusakan. Semua orang akan berharap mendapatkan perjalanan yang aman dan lancar, namun jika terjadi sesuatu maka pilihan asuransi perjalanan bisa menjadi penolong.

Dengan asuransi perjalanan AXA Schengen, melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa menjadi lebih aman. Pelanggan bisa fokus untuk mengikuti kegiatan atau berlibur dengan proteksi dari asuransi ini.