free page hit counter
asuransi perjalanan internasional murah

Mencari Asuransi Perjalanan Internasional Murah Terbaik? Simak Rekomendasinya

Artikel diperbarui pada 3 November 2022.

Asuransi menjadi aspek penting untuk memberikan proteksi terhadap hal tidak terduga. Contohnya adalah asuransi perjalanan internasional murah, yang sedang banyak dicari masyarakat saat ini. Sehingga, banyak resiko yang dapat diminimalisir.

Berwisata ke negara lain, tentu menyenangkan jika berjalan lancar. Namun, tidak dipungkiri terdapat kemungkinan terjadi hal yang merugikan. Contohnya pembatalan pesawat, paspor hilang, bagasi terlambat, atau risiko lainnya selama perjalanan.

Dampaknya tidak hanya dari segi finansial, namun juga waktu, kesehatan, bahkan profesional. Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika diserahkan ke asuransi perjalanan terpercaya.

Saat ini mengakses dan menggunakan layanan asuransi hampir semudah berbelanja online dari smartphone. Agar tidak salah pilih, mari simak rekomendasi asuransi perjalanan internasional murah yang berkualitas berikut ini:

1. Tokio Marine Insurance Group

Pertama ada penyedia layanan asuransi dengan premi yang murah. Nasabah hanya perlu melakukan pembayaran mulai 50 ribu, agar bisa menjadi pelanggan. Dengan rutin membayar, nasabah bisa mendapatkan manfaat perlindungan sampai 1.8 miliar.

Polis asuransi ini diberlakukan untuk nasabah yang berusia mulai 6 bulan hingga 85 tahun. Namun, tertanggung dengan usia lebih dari 70  tahun dibatasi 50% dari total perlindungannya. Selain premi, nasabah juga dikenai biaya untuk polis sebesar 20 ribu.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan. Perlindungan terhadap kecelakaan diri, ketidaknyamanan selama perjalanan, hingga biaya untuk berobat. Pembelian bisa dilakukan dengan mudah secara online, menghubungi call center, atau langsung datang ke kantor cabang.

2. MyTravel International Lippo Insurance

Asuransi perjalanan internasional murah berikutnya adalah MyTravel Internasional, yang memberikan perlindungan untuk perjalanan luar negeri. Beberapa di antaranya yaitu risiko mengalami kecelakaan, bagasi hilang, penundaan perjalanan, dan hal tidak nyaman lainnya.

Nasabah yang membeli asuransi di sini akan mendapatkan perlindungan dari risiko kematian mencapai 730 juta. Preminya dimulai dari 50 ribuan. Untuk nasabah berumur 55 hingga 65 ada premi tambahan sebanyak 50%. Untuk yang lebih dari 66 tahun, premi tambahannya 100%.

3. MNC Travel Express

Sebagai perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang siaran televisi Indonesia, MNC juga memiliki produk asuransi perjalanan. Tarifnya dimulai dari 55 ribu saja, agar bisa mendapatkan proteksi untuk kecelakaan diri serta biaya medisnya.

Pertanggungan yang diberikan oleh MNC yaitu biaya ketika terjadi kecelakaan, manfaat medis, evakuasi, hingga biaya untuk pemakaman. Selain itu, hal lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan juga akan ditanggung asuransi.

Misalnya bagasi terlambat, uang atau dokumen pribadi hilang di perjalanan, dan sebagainya. Periode polisnya berlaku sejak keberangkatan sampai pulang. Masa berlaku polis paling lama 90 hari. Syarat usianya dari 1 sampai 70 tahun.

Ada paket Silver, Gold, serta Platinum yang dapat disesuaikan kebutuhan. Paket berlaku untuk individu, pasangan, ataupun keluarga. Untuk keluarga, polis penanggungan kecelakaan bisa sampai 250% dari jumlah manfaatnya, maksimal diisi empat orang.

4. Traveloka Protect

Bagi yang rutin melakukan perjalanan, tentu tidak asing dengan nama Traveloka. Perusahaan ini juga menyediakan asuransi perjalanan internasional murah, yang pendaftarannya sangat mudah dari Traveloka App.

Fitur perlindungan yang ditawarkannya seperti keterlambatan penerbangan, kecelakaan, barang yang rusak atau hilang, hingga biaya medis. Semuanya memiliki nilai yang berbeda-beda.

Untuk bisa mendaftar di asuransi Traveloka Protect, syarat utamanya adalah berusia 18 dan maksimal 80 tahun. Pembeli wajib seorang WNI, atau memiliki izin untuk bertempat di Indonesia.

5. Allianz

Asuransi perjalanan internasional murah dari Allianz termasuk pilihan terbaik yang diminati banyak orang. Ketentuannya, yaitu waktu perjalanan paling lama 183 hari. Manfaat yang diberikan adalah penggantian karena kerusakan, kehilangan, pembatalan perjalanan, dan sebagainya.

Proteksi juga diberikan ketika evakuasi darurat, pemulangan jenazah, hingga santunan untuk penundaan penerbangan. Syarat untuk mendaftar asuransinya yaitu WNI berumur 14 hari-84 tahun, membeli polis sebelum meninggalkan Indonesia.

Allianz menghadirkan produk bernama New Annual Travel Pro. Asuransinya memiliki premi yang murah, hanya sebesar 47 ribu setiap minggunya. Dengan membayar secara rutin, nasabah akan mendapatkan manfaat sebesar 250% dari totalnya.

6. Asuransi Perjalanan AXA

AXA sebagai perusahaan asuransi yang cukup ternama menghadirkan perlindungan untuk perjalanan internasional. Terdapat dua produk dari AXA yakni Smart Traveller (perjalanan internasional) serta Travel Domestic (dalam negeri).

Perlindungan dari AXA meliputi penundaan perjalanan, kehilangan bagasi atau barang pribadi, dan kerugian lainnya. Keuntungannya yaitu nasabah bisa mendapatkan polisnya secara online sehingga lebih praktis.

Nasabah akan mendapatkan polisnya melalui email yang didaftarkan, sehingga tidak perlu menunggu lamanya proses. Selain asuransi AXA, tidak lupa nasabah juga perlu mengurus paspor dan pengajuan visanya.

7. Chubb Travel Insurance

Chubb adalah asuransi perjalanan internasional murah yang memiliki hingga 15 kantor di Indonesia. Perkembangannya pesat dan konsisten memberikan asuransi perjalanan yang berkualitas, baik individu atau kelompok.

Polis asuransinya tidak hanya mudah diklaim, namun memiliki sederet manfaat sejak keberangkatan hingga kepulangan. Nasabah perlu membayar premi yang cukup terjangkau, yakni 56 ribu. Asuransi ini juga dapat dipilih untuk pengajuan visa Schengen.

Manfaatnya seperti pertanggungan penerbangan yang ditunda sebesar 1.3 juta, hingga manfaat kematian sebesar 325 juta. Syaratnya antara lain mengisi formulir pendaftaran, fotokopi identitas, pas foto, dan sebagainya sesuai yang diminta perusahaan.

8. AIG Travel Guard

Berikutnya ada perusahaan asuransi perjalanan internasional murah bernama AIG. Produk perlindungannya berlaku 24 jam, dengan 8 pusat dengan letak strategis yang tersebar secara global. Dengan begitu, nasabah bisa segera mendapatkan bantuan ketika terjadi sesuatu.

AIG menghadirkan manfaat seperti ganti rugi karena pembatalan perjalanan, bagasi terlambat, hingga barang yang hilang. Termasuk juga biaya yang terkait dengan pengurusan hilangnya dokumen, biaya telepon, serta internet yang akan ditanggung.

Pelanggan setidaknya berumur 14 sampai 75 untuk mendapatkan layanan AIG. Apabila melebihi usia tersebut, maka pertanggungan maksimumnya adalah 50% yakni untuk kesehatan serta ganti rugi pembatalan keberangkatan. Waktu perlindungannya sampai 183 hari.

9. ACA Insurance

Asuransi Central Asia memiliki dua produk asuransi perjalanan internasional murah, yakni individu dan kelompok. Ada produk untuk domestik serta internasional. Keduanya memiliki fitur serta keunggulan masing-masing.

Untuk perjalanan yang bersifat internasional, ACA memproteksi banyak hal. Seperti cacat tetap, kematian, biaya medis karena kecelakaan/sakit, penjagaan anak, evakuasi darurat, santunan harian, hingga perjalanan darurat.

Sementara itu pelanggan yang mengalami kehilangan bagasi atau barang pribadi, santunannya adalah uang tunai. Biaya jika tertinggal penerbangan lanjutan atau karena penundaan akan ditanggung oleh asuransi. Termasuk pembajakan hingga kehilangan deposit.

Demikian beberapa asuransi perjalanan internasional murah yang direkomendasikan. Tidak hanya memiliki premi yang terjangkau, namun juga diiringi manfaat yang memadai. Jangan keliru, asuransi yang murah tidak berarti kualitasnya rendah.

Begitu juga sebaliknya, mahal tidak berarti memiliki perlindungan yang optimal. Kembali lagi semua tergantung pada bagaimana perusahaan mengelolanya. Untuk itu, sebagai calon nasabah yang bisa dilakukan yaitu mengumpulkan sebanyak mungkin informasi.

Pembahasan di atas dapat menjadi referensi untuk bahan pertimbangan sebelum memutuskan asuransi yang sesuai kebutuhan. Perjalanan ke luar negeri kini bisa lebih nyaman dan tentunya aman. Berbekal asuransi, berbagai risiko bisa diantisipasi sedini mungkin.