free page hit counter
asuransi kesehatan kur bri

Mengenal Asuransi Kesehatan KUR BRI Secara Lengkap

Artikel diperbarui pada 3 November 2022.

Asuransi Kesehatan KUR BRI, merupakan satu dari produk asuransi yang ditawarkan oleh KUR BRI yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Asuransi tersebut memberikan banyak manfaat.

Tidak hanya berupa biaya perawatan kesehatan, tetapi juga santunan ketika meninggal dunia. Pada masa sekarang ini, memiliki jaminan asuransi kesehatan seperti di BRI ialah termasuk hal yang penting.

Hal tersebut guna melindungi dan menjaga diri dari resiko kesehatan yang bisa saja terjadi kedepannya. Untuk lebih jelasnya mengenai asuransi kesehatan pada KUR BRI, maka simak uraian berikut ini:

Tentang Asuransi Kesehatan Pada KUR BRI

Seperti yang diketahui sebelumnya asuransi kesehatan adalah salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh BRI Life. Produk tersebut di samping dapat digunakan untuk perorangan juga dapat digunakan untuk kelompok. Produk unggulannya diantaranya yakni Dasetera (Asuransi Dana Sehat Sejahtera).

BRI Life sendiri merupakan perusahaan asuransi BRI yang berfokus pada asuransi jiwa secara konvensional, serta secara syariah. Akan tetapi, tidak hanya asuransi jiwa perusahaan tersebut juga menawarkan premi asuransi kesehatan. Untuk saat ini sendiri, usahanya sudah menjangkau nasabah yang semakin luas.

Produk dari Asuransi Kesehatan KUR BRI

Selain Dasetera, produk yang ditawarkan asuransi kesehatan KUR BRI sendiri ada cukup banyak. Asuransi tersebut dapat dipilih nasabahnya sesuai dengan kebutuhan, baik nasabah individu, karyawan, maupun korporasi. Adapun beberapa daftar produk dan manfaatnya, diantaranya:

1. Dasetera (Asuransi Dana Sehat Sejahtera)

Produk Dasetera ini adalah produk asuransi yang memberikan kegunaan berupa pertanggungan biaya rawat kesehatan. Tidak hanya itu, produk tersebut juga memberikan tawaran berupa santunan kematian atau meninggal dunia.

Manfaat lain yang ditawarkan yakni berupa santunan untuk rawat inap harian hingga 1,5 juta rupiah, untuk pembedahan, dan untuk duka. Terdapat juga biaya rawat inap ICU harian sebesar 3 juta rupiah beserta penggantian biayanya yang dilakukan dengan metode reimbursement.

Selain itu, juga adanya pengembalian premi penuh apabila tidak ada klaim yang dilakukan selama 5 tahun. Untuk perawatan rumah sakit yang diberikan juga hingga 120 hari.

2. AMKKM atau Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia)

Produk tersebut yakni satu dari produk polis asuransi berasal dari kesehatan mikro yang melakukan kerja sama dengan BRI Simpedes. Tujuannya selain untuk asuransi kesehatan juga untuk asuransi jiwa dan kecelakaan.

Manfaat dari AMKKM ini, yakni menanggung biaya operasi akibat sakit maupun kecelakan sampai 2,5 juta rupiah. Ada juga santunan bagi cacat total sebanyak 5 juta rupiah, biaya untuk perawatan inap harian  karena sakit dan kecelakaan sebesar 100 ribu.

Tidak hanya itu apabila meninggal dunia karena sakit, akan mendapat maksimal 2,5 juta rupiah dan karena kecelakaan maksimal 19,5 rupiah. Untuk premi yang ditawarkan yakni senilai 50 ribu per tahun dengan masa asuransi 1 tahun.

3. Telepro Medicash Optima

Telepro Medicash Optima ini adalah salah satu produk unggulan terbaik yang dimiliki BRI Life yang memberikan asuransi kesehatan sekaligus asuransi jiwa. Manfaat yang diunggulkan dari produk ini yakni premi yang dikembalikan apabila tidak ada klaim.

Manfaat lainnya dari Telepro Medicash Optima yakni memberikan biaya ganti rawat inap harian. Adanya juga pemberian santunan berupa pembedahan, meninggal dunia, duka, dan ICU harian. Selain itu bagi biaya perawatan, terdapat pertanggungannya dan manfaat bonus sehatnya.

4. Profesional Group Health

Produk yang bernama Profesional Group Health ini juga merupakan asuransi kesehatan BRI, namun dikhususkan untuk para karyawan. Manfaat dari produk ini juga sangat bergam sekali yang ditawarkan.

Diantaranya santunan kematian, asuransi untuk kecelakaan dan penyakit kritis sekaligus perlindungan dirinya. Terdapat juga manfaat berupa biaya perawatan jalan dan inap di rumah sakit. Serta, manfaat biaya ketika melahirkan, perawat kacamata dan gigi.

Persyaratan Pengajuan Asuransi Kesehatan KUR BRI

Agar dapat mengajukan asuransi kesehatan pada BRI calon nasabah, perlu mempersiapkan beberapa syarat sebelumnya. Syaratnya antara lain dengan menghubungi Call Center BRI Life terlebih dahulu di nomor 1500087 dan melakukan pengisian formulir pengajuan.

Perlu juga mempersiapkan dokumen berupa KTP, KK, Akta Kelahiran, dan bukti bayar premi pertama yang kemudian diserahkan lewat email atau pos BRI Life. Untuk selanjutnya calon nasabah dapat menunggu pemeriksaan dokumen hingga perintah medical check up.

Ketika pengajuan asuransi kesehatan diterima, buku polis dapat dicetak dan digunakan. Apabila tidak, calon nasabah tidak perlu khawatir karena premi pertama yang dibayarkan akan dikembalikan.

Cara Membayar Premi dan Mengecek Polisnya

Untuk membayar premi asuransi, nasabah dapat harus membayarkan iuran setiap bulannya. Adapun besar nominalnya bergantung pada jenis produk asuransi kesehatan yang dipilih. BRI Life sendiri menawarkan banyak sekali pilihan untuk membayar premi.

Cara membayar preminya antara lain melalui ATM BRI ataupun Bank lain, M-Banking BRI serta bank lain, dan internet banking. Apabila kesulitan pemiliki asuransi juga dapat membayarkan preminya melalui teller bank.

Adapun untuk mengecek polis asuransinya maupun cek saldo sampai status klaim, peserta dapat mengetahuinya dengan menghubungi call center di nomor 1500087. Peserta asuransi juga dapat datang secara langsung di kantor agen BRI Life atau melalui aplikasi.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan BRI

Asuransi kesehatan BRI sendiri memang menawarkan cara yang cukup cepat dan mudah dilakukan agar peserta dapat melakukan klaim. Untuk melakukanya, peserta dapat mempersiapkan persyaratan dan mengikuti prosedurnya.

Untuk prosedurnya yakni melakukan pengisian formulir klaim beserta fotocopy buku tabungan dan keanggotaan asuransi. Perlu juga disiapkan dokumen pendukung sesuai jenis kelamin. Dokumen keseluruhan tersebut, kemudian dikirimkan ke kantor BRI secara langsung atau pos.

Setelah itu, peserta perlu menunggu verifikasi dari dokumen yang dikirimkan untuk mengetahui persetujuan klaim atau penolakannya. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu hingga 14 hari. Apabila disetujui pihak BRI, maka akan dihubungi dan uang klaim dapat dicairkan.

Keunggulan Dari BRI Life sebagai Jasa Asuransi Kesehatan

BRI Life memang merupakan satu dari jasa asuransi yang populer dan terbaik di Indonesia. Banyak tawaran pilihan produk beserta manfaat produk yang ditawarkannya. Keunggulan dari jasanya yakni merupakan jasa asuransi yang terpercaya karena memiliki aset yang stabil dengan perlindungan terpercaya.

Perlindungan tersebut tentunya akan memberikan rasa tenang dan aman bagi nasabah yang ingin melakukan pengajuan klaim. Penempatan dana investasinya pun juga terjamin aman karena sudah disesuaikan dengan profil nasabah. Ketika berhenti asuransi saat masih aktif juga dana dapat ditarik tanpa potongan.

BRI Life sendiri juga sudah memiliki banyak kantor cabang hingga kota besar sampai lebih dari 50 kantor. Tenaga pemasar yang dimiliki juga hingga 3000 tenaga, sehingga hal tersebut akan memudahkan nasabah dalam mendapatkan pelayanan yang paling baik.

Seperti yang diketahui bahwa melindungi diri adalah hal yang penting untuk direncanakan bagi setiap orang. Tentunya dengan memiliki asuransi kesehatan ini merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap diri dari segala kemungkinan buruk pada masa ke depannya.

Demikian itulah, ulasan mengenai asuransi kesehatan KUR BRI yang perlu diketahui dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Banyaknya pilihan tersebut akan memberikan kemudahan bagi calon nasabah dalam menyesuaikan dengan keperluannya.