free page hit counter
aplikasi pembersih sampah dan virus

7 Rekomendasi Aplikasi Pembersih Sampah dan Virus Gratis Terbaik

Di zaman serba internet sekarang aplikasi pembersih sampah dan virus sangat diperlukan baik untuk perangkat PC maupun android. Pasalnya data segala aktivitas yang dilakukan tanpa disadari akan tersimpan menjadi cache di perangkat, sehingga memenuhi memori penyimpanan.

Tidak hanya itu saja, kegiatan berselancar di dunia maya ternyata bisa menjadi celah orang yang tak bertanggung jawab melakukan kejahatan. Misal mencuri data dengan cara mengirimkan virus melalui beragam trik seperti link atau koneksi WIFI umum.

Oleh karenanya diperlukan aplikasi untuk mencegah itu semua. Karena aplikasi dapat berjalan secara otomatis setiap waktu setelah diinstall. Cukup jalankan saja perintahnya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu cemas perangkat lemot dan terkena virus. Berikut rekomendasi aplikasi pembersih cache dan antivirus untuk PC.

1. IOBit Advanced SystemCare

Rekomendasi aplikasi pembersih sampah dan virus yang lumayan populer karena menawarkan interface yang menarik yakni IOBit Advanced SystemCare. Cara penggunaannya pun tidak sulit.

Ada beberapa fitur terbaik yang disematkannya untuk membantu pengguna seperti menghapus file sampah, cookies, sampai menghapus shortcut yang sudah lama tidak diperlukan dalam PC.

Fitur lain yang menjadi unggulannya adalah Anti Virus dan Turbo Boost. Anti Malware tentunya digunakan untuk mencegah terserang akibat aktivitas online. Dimana fitur tersebut akan memberikan notifikasi supaya pengguna dapat mengambil tindakan antara melanjutkan akses atau berhenti.

Sementara Turbo Boost sendiri digunakan untuk mempermudah proses pembersihan setiap hari hanya dengan sekali klik. Untuk mendownloadnya pengguna bisa memilih 2 versi yakni gratis dan berbayar. Jika membutuhkan akses seluruh fitur, maka versi Pro tentunya.

2. AVG PC TuneUP

Salah satu aplikasi yang termasuk populer dan banyak didownload baik untuk perangkat PC ataupun ponsel. Sama seperti aplikasi pembersih sampah dan virus pertama, AVG PC TuneUp pun menawarkan versi gratis dan berbayar.

Tentunya dengan fitur yang berbeda, tetapi pada versi gratis fitur yang diberikan bisa dibilang bagus. Seperti menghapus cache ringan dan mencegah virus masuk.

Namun pada versi langganan terdapat fitur tambahan seperti jadwal pembersihan dan pengecekan maintenance rutin otomatis untuk mendeteksi malware di dalam file perangkat. Serta merawat PC dari kerusakan.

Termasuk aplikasi yang cukup bagus, lengkap, mudah, dan akurat. Apalagi ada fitur keren untuk menghemat baterai yakni Sleep Mode, sehingga program yang sedang berjalan, tetapi tidak digunakan akan dinonaktifkan. Patut untuk dicoba pengguna PC.

3. CCleaner

Selanjutnya ada CCleaner. Sebuah aplikasi yang tak asing baik pengguna PC atau android karena memang sudah terkenal. Fitur yang dihadirkan pun termasuk lengkap dan bisa digunakan secara gratis. Namun tentu saja harus berlangganan apabila menginginkan akses fitur yang lebih bagus.

Tenang, versi gratis sudah cukup untuk dipilih. Dimana dapat membersihkan sampah berupa cache, thumbnail, registry entry, riwayat penelusuran browser, dan temporary file. Serta ada fitur duplicate yang dapat menemukan file duplikasi, sehingga bisa dihapus supaya menghemat memori penyimpanan.

Jika dibandingkan aplikasi pembersih sampah dan virus lainnya, CCleaner salah satu yang paling direkomendasikan karena bagus dan gratis. Sangat mampu menaikkan kinerja PC.

4. Glary Utilities

Mungkin aplikasi pembersih sampah dan virus ini jarang digunakan karena kurang terkenal padahal cukup bagus kualitas pembersihannya. Seperti membersihkan sampah, memperbaiki kinerja perangkat dan lainnya. Adapun fiturnya sebagai berikut:

  • Privasi dan pengaturan untuk melakukan setting pembersihan.
  • Clean dan recovery yakni membersihkan serta mengembalikan file yang terlanjur terhapus.
  • Optimize & improve untuk mendeteksi adanya virus atau data corrupt agar diperbaiki.
  • System tools.
  • File dan folders.

Seluruh fitur gratisnya dapat bekerja secara maksimal untuk merawat PC dengan baik. Hanya saja terbatas karena fitur lain yang lebih lengkap harus berlangganan. Tak jauh berbeda pada aplikasi umumnya. Namun jika untuk pemakaian ala kadarnya, maka versi gratis sudah cukup.

5. Avast Cleanup

Hampir semua rekomendasi aplikasi pembersih sampah dan virus dalam artikel ini tidak asing didengar. Sebab seluruhnya merupakan aplikasi terbaik yang banyak digunakan. Kualitasnya? Tidak perlu diragukan.

Salah satunya aplikasi Avast Cleanup yang termasuk perusahaan antivirus berkualitas. Jadi pasti kinerja serta fiturnya bekerja dengan maksimal. Fitur utama yang tidak diberikan aplikasi pembersih lain yakni digunakan untuk mencari keberadaan bloatware.

Bingung apa itu bloatware? Bloatware adalah aplikasi tersembunyi yang sudah lama tidak dijalankan. Oleh karena itu, perangkat seringkali masih terasa penuh padahal sering melakukan pembersihan dan menginstall sedikit aplikasi. Sebab letaknya terkadang tidak ditemukan.

Dengan bantuan aplikasi ini, selain bisa membersihkan file sampah juga sebagai anti virus, sehingga PC akan tetap bekerja normal dan lancar. Silahkan unduh untuk membuktikan.

6. Kingsoft PC Doctor

Setiap aplikasi mempunyai fitur utama sebagai pembersih file sampah, tetapi tentunya menawarkan fitur beragam yang menjadi kelebihan. Kingsoft PC Doctor sendiri lebih memfokuskan keakuratan pada sistem kerja aplikasinya. Dimana sangat efektif untuk mencegah serangan malware jenis apapun merusak perangkat.

Tentunya fitur utama tersebut yakni membersihkan sampah secara menyeluruh dan maksimal. Cocok digunakan untuk PC pribadi yang tidak perlu membayar, tetapi sudah mendapatkan aplikasi bagus.

7. Razer Cortex

Sebagai pecinta games bahkan seorang gamers pasti sering mengunduh beragam jenis game. Akan tetapi, tahukah jika game yang sudah dihapus akan meninggalkan file berupa sampah. Penyimpanannya pun banyak yang besar, sehingga menjadikan komputer lamban dan sering error.

Selain daripada itu, aktivitas permainan juga menyisakan cache setiap harinya. Dimana akan terus menumpuk jika tidak dibersihkan.

Aplikasi pembersih satu ini paling sering dicari para gamer karena kualitas cleaning yang maksimal. Seperti menghapus seluruh program yang tak terpakai lagi ketika bermain game. Uniknya bisa menjadi booster. Gunanya untuk mempercepat pergerakan objek atau karakter dalam game.

Booster tersebut tersedia pada fitur one click yang mana hanya dengan sekali tekan, maka fitur aplikasinya berjalan. Tidak perlu ribet membuka aplikasi karena fitur ini berbentuk widget.

Sangat cocok untuk komputer gamer baik spesifikasi tinggi maupun standar. Untuk pengalaman lebih baik, pilihlah versi langganan.

Sudahkah mendowload salah satu aplikasi pembersih sampah dan virus diatas? Jika belum, maka disarankan untuk menginstallnya khususnya pada perangkat PC yang sering digunakan. Pasalnya pembersihan sangat membantu untuk meringankan kinerja PC, sehingga selalu terawat.

Sebenarnya Windows sendiri sudah memasukkan aplikasi bawaan untuk menghapus sampah dan mencegah virus seperti disk cleanup, dan storage sense. Sementara untuk virus yakni dengan mengatur setting firewall.

Namun tidak semua pengguna rutin melakukan pembersihan secara mandiri. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan aplikasi yang mana dapat berjalan secara otomatis untuk membersihkan setiap hari. Apalagi banyak fitur lain yang ditawarkan. Sangat membantu dan wajib dimiliki oleh perangkat PC.

Langkah ini dilakukan untuk menjaga komputer tetap aman dan sehat dalam jangka panjang. Sebuah perangkat yang bekerja terlalu berat dapat merusak komponen, sehingga perlu perbaikan.