free page hit counter
aplikasi pembersihan ram

Aplikasi Pembersihan RAM untuk PC Dan Android

RAM merupakan salah satu komponen atau software yang biasanya akan penuh jika sering digunakan dan membuat laptop ataupun hp menjadi lemot. Nah, solusinya terdapat aplikasi pembersihan RAM untuk mengoptimalkan kinerja perangkat yang digunakan. Sehingga perangkat menjadi lebih cepat kinerjanya dan tidak lemot.

RAM yang sering digunakan pada proses background app inilah yang membuat RAM lemot. Nah, melalui aplikasi pembersihan RAM ini akan membersihkan file yang memberatkan. Tak hanya untuk PC karena da untuk digunakan di HP Android. Berikut ini rekomendasinya baik untuk Hp Android ataupun PC:

1. Aplikasi Wise Cleaner

Rekomendasi pertama ada Wise Cleaner yang dapat digunakan untuk membersihkan RAM PC. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan secara gratis dengan fitur yang bagus. Melalui aplikasi ini maka kinerja PC akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Aplikasi Wise Cleaner ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja PC yang lain.

2. Aplikasi Greenify

Aplikasi selanjutnya ada Greenify yang bisa digunakan untuk Hp android. App dengan logo daun ini sangat efektif untuk membersihkan RAM. Adapun kinerjanya yaitu dengan menghibernasikan/mematikan aplikasi yang sedang berjalan tetapi hanya sementara. Nah, nantinya RAM tidak bekerja terlalu berat dan menjadi lebih lancar.

Aplikasi Greenify ini dapat dijalankan di dua mode yaitu melalui mode root atau dengan mode non root. Namun, mode root ini memiliki fitur yang lebih lengkap daripada memakai mode non root. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan pengguna jika ingin menjalankan aplikasi ini.

3. Aplikasi Clean Master

Aplikasi pembersihan RAM selanjutnya ada Clean Master yang sudah populer sebagai aplikasi pembersih di Hp android. Terdapat beragam fitur menarik yang di aplikasi Clean Master seperti membersihkan file sampah di memori internal. Sehingga kinerja ponsel android akan lebih maksimal dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Nah, Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah digunakan bagi semua pengguna. Selain itu Clean Master ini tersedia beberapa versi yang dapat diunduh gratis di Google Playstore. Jadi aplikasi ini juga sangat cocok untuk pengguna yang ingin meningkatkan RAM dengan praktis.

4. Aplikasi CCleaner

Nah, aplikasi berikut ini merupakan software favorit yang dapat digunakan untuk PC/laptop untuk menjaga performa perangkat agar tetap optimal. Namun jangan salah karena CCleaner juga tersedia untuk perangkat Hp android. Pada versi android ini juga tak kalah dengan versi PCnya.

Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 15 MB dan ada versi gratis dan premium. Aplikasi ini memiliki fungsi utama mengoptimalkan RAM supaya tetap lancar digunakan. Adapun kelebihan dari aplikasi CCleaner ini adalah :

  • Membersihkan dan mengoptimalkan ponsel Android.
  • Menganalisis dampak aplikasi yang ada di Hp.
  • Mempercepat kinerja perangkat Hp.
  • Memantau sistem Android yang ada pada hp.

5. Aplikasi Booster eXtreme RAM Speed Free

Aplikasi pembersih RAM ini merupakan aplikasi pembersih RAM yang efektif untuk digunakan. Namun memang pengunduh aplikasi ini belumlah cukup banyak. Pengguna dapat menghentikan sementara aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang agar tidak mengganggu aplikasi lain yang dijalankan.

6. Aplikasi AVG Cleaner

Sebelumnya AVG ini terkenal sebagai aplikasi antivirus terbaik di PC/laptop yang memiliki banyak pengguna. Nah, AVG ini memiliki aplikasi pembersih RAM di Android. Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, AVG Cleaner ini memiliki fitur utility.

Melalui aplikasi AVG Cleaner pengguna dapat membuang file sampah, menghapus aplikasi atau data yang sudah tidak digunakan. Nah fitur utamanya yaitu dapat menghentikan aplikasi yang berjalan untuk meningkatkan fungsi RAM. Akan tetapi penggunaan pada aplikasi ini harus dilakukan secara manual.

Namun pada versi AVG Cleaner premium, ada fitur untuk pembersihan RAM otomatis. Hal ini tentunya akan menghemat waktu bagi pengguna. Nah, berikut ini beberapa fitur AVG Cleaner yang dapat digunakan yaitu :

  • Dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan di Hp android.
  • Membersihkan cache di Hp android.
  • Dapat digunakan untuk menghentikan sementara aplikasi yang tidak digunakan.
  • Dapat membantu Pengelolaan file di Hp.

7. Aplikasi Phone Master

Aplikasi selanjutnya ini adalah aplikasi pembersih RAM yang lengkap untuk Android karena beragam fitur yang ditawarkan. Selain itu aplikasi Phone master ini juga dapat digunakan dengan mudah. Nah berikut terdapat  fitur bagus untuk meningkatkan fungsi HP yang lain di aplikasi Phone Master, yaitu :

  • Dapat digunakan untuk lock aplikasi tertentu.
  • Dapat digunakan untuk pengelolaan data internet yang ada di Hp.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan sampah yang ada di Hp Android.
  • Meningkatkan kinerja ponsel dan juga menghemat daya tau baterai.
  • Dapat digunakan untuk mengelola trafik serta menyejukkan CPU.
  • Dapat digunakan untuk Pemindahan file menjadi lebih mudah dan simpel.

8. Aplikasi NOX Cleaner

Adapun rekomendasi aplikasi pembersih RAM selanjutnya ada NOX Cleaner yang cukup populer. Nah aplikasi NOX Cleaner ini memiliki nilai sebanyak 4.6 jadi cukup bagus. Bahkan banyak pengguna yang mengakui keunggulan aplikasi NOX Cleaner untuk pembersih RAM.

Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk membantu membersihkan RAM di Hp android. Sehingga proses kinerja RAM menjadi lebih lancar. Tak hanya itu berikut ini fitur yang ada di aplikasi NOX Cleaner :

  • Terdapat fitur Pembersih sampah (cache) untuk menghemat ruang penyimpanan di HP sehingga penyimpanan yang penuh bisa berkurang.
  • Terdapat fitur utama yaitu mempercepat RAM di Hp Android.
  • Fitur untuk meningkatkan kinerja saat digunakan untuk bermain game yaitu Game Boosters sehingga bermain game bisa menjadi lebih lancar.
  • Terdapat fitur Pendingin CPU yang dapat digunakan untuk membantu PC tetap dingin.
  • Terdapat fitur tambahan seperti Manajer Aplikasi, App Locker serta fitur Menghemat Baterai.

9. Aplikasi IObit Advanced System Care Free

Nah selanjutnya ada rekomendasi aplikasi pembersih RAM satu ini cocok digunakan untuk meningkatkan kinerja PC. Aplikasi IObit Advanced System Care Free memiliki seperangkat alat optimasi lengkap untuk PC. Terdapat fitur mulai dari membersihkan PC, melakukan perbaikan registry, mencupot kembali aplikasi, dan masih banyak fitur lainnya.

Tak hanya itu karena Advanced SystemCare juga bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan pada sistem dan merapikan data. Akan tetapi beberapa fitur di aplikasi ini harus diinstal secara terpisah. Namun tak perlu ragu karena Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai aplikasi pembersihan RAM yang dapat digunakan baik di PC maupun HP Android. Seperti telah dipaparkan di atas beragam aplikasi tersebut memiliki plus dan minusnya masing-masing. Jadi pengguna tingga memilih aplikasi mana yang sekiranya cocok untuk digunakan di perangkat pengguna.

Tak hanya itu melalui aplikasi ini akan membuat perangakat pengguna menjadi lebih lega pada bagian RAM nya. Tentunya proses dalam menjalankan tugas di perangakt menjadi lebih cepat. Selain itu, kinerja PC maupun Hp menjadi lebih cepat melalui aplikasi tersebut dan tidak mudah rusak karena kinerja yang berat pada RAM.