free page hit counter
aplikasi edit suara jadi merdu

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu Ini Wajib Dicoba

Bernyanyi merupakan kegiatan yang banyak orang sukai, namun tidak semuanya terlahir dengan suara yang merdu. Bagi yang punya suara yang bagus dan terlatih mungkin bukan halangan bagi mereka untuk merekamnya dan membagikannya di sosial media tanpa perlu aplikasi edit suara jadi merdu.

Namun bagi yang punya suara cenderung pas-pasan, aplikasi sejenis itu sangat diperlukan. Setidaknya dengan aplikasi tersebut beberapa nada yang salah bisa dibetulkan atau paling tidak disamarkan agar terdengar merdu. Berikut ada rekomendasi terkait beberapa aplikasi edit suara jadi merdu yang bisa dicoba:

1. Lexis Audio Editor

Aplikasi yang akan dibahas disini merupakan aplikasi edit suara jadi merdu yang punya banyak pengguna. Lexis audio editor merupakan aplikasi yang multiplatform karena bisa dibuka melalui android dan iOS. Ada banyak fitur yang melengkapi aplikasi ini sehingga sangat berguna.

Ada beberapa fitur kunci yang bisa sedikit merubah suara jadi lebih merdu. Selain itu ada juga fitur basic lain seperti menempel, menyalin, serta memotong audio dari rekaman atau file lain dengan mudah.

Poin yang penting dari aplikasi ini ada juga pada tampilan antarmukanya yang sederhana dan bisa dipelajari dengan mudah. Para pemula akan dengan lancar mempelajari ini karena sederhana dan tidak terlalu kompleks.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis file audio untuk diedit. File yang dihasilkan juga bisa beragam sesuai keinginan pembuat akan mengeluarkan output file seperti apa dalam bentuk audio.

2. Audacity

Bagi yang belum tahu, dalam dunia editing audio, aplikasi audacity sudah punya nama yang cukup terkenal di kalangan profesional dan pemula. Aplikasi ini bisa diakses hanya melalui PC yang bisa diunduh oleh siapa saja karena bersifat open source alias gratis.

Selain bisa diunduh gratis, pengguna juga bisa memodifikasi aplikasi ini sesuai keinginan. Sehingga ada beberapa modifikasi yang beredar soal aplikasi audacitiy ini melalui pihak ketiga. Soal fitur tidak perlu diragukan lagi karena sudah lengkap dan bagus.

UI yang dibawa oleh aplikasi ini begitu sederhana dan penggunaannya sangat mudah. Karena open source, aplikasi ini punya segudang plugin yang bisa dicoba oleh pengguna dengan mencarinya di Internet. Ada juga banyak mixing effect yang tidak dipunyai oleh aplikasi lain.

3. BandLab

Aplikasi yang datang kali ini hadir di perangkat android dan mengusung aplikasi edit suara mobile. Bandlab ini bisa dibilang jadi salah satu aplikasi edit suara terbaik karena bisa merangkai satu lagu yang lengkap mulai dari vokal hingga instrumen lainnya.

Disini suara atau file audio bisa di edit sesuai dengan keinginan dengan memanfaatkan segala fitur yang ada. Aplikasi ini menyediakan opsi rekaman yang bisa menyimpan file rekaman untuk digabungkan dengan file audio lain.

Adanya fitur kunci seperti AutoPitch membuat suara vokal dan instrumen lain bisa lebih selaras sehingga secara tidak langsung membuat lagu yang enak didengar. Penyesuaian nada suara dengan audio lain juga membuat suara lebih bagus dan merdu.

Selain fitur kunci tadi, bandlab juga hadir dengan banyak fitur basic lain. Pastinya semua fitur basic yang ada di aplikasi lain, sudah hadir juga di Bandlab.

4. Music Maker Jam

Aplikasi ini menjadi satu paket lengkap untuk aplikasi edit suara jadi merdu. Didalamnya ada banyak fitur yang digabungkan jadi satu aplikasi untuk memperbagus suara dan audio. Disini juga pengguna dimungkinkan untuk mengumpulkan semua file audio untuk dijadikan sebuah musik yang seirama.

Selain dari audio yang sudah jadi, pengguna juga bisa menambahkan lagi file rekaman langsung yang dibuat lewat aplikasi ini untuk melengkapi kekurangan. Nantinya file hasil rekaman tersebut bisa diselaraskan lagi agar bersatu dengan file audio lain.

Caranya dengan memanfaatkan fitur pengatur tempo dan harmoni pada audio. Nantinya setelah selesai pengguna bisa langsung membagikan aplikasinya ke tempat berbagi audio yaitu Soundcloud agar lebih banyak orang yang ikut mendengarkan.

5. Hokusai Audio Editor

Para pengguna iOS yang berkutat di dunia audio pasti mengenal aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini biasa digunakan untuk melakukan impor dan melakukan perekaman suara dengan mudah. Hokusai disukai karena punya banyak fitur dan penggunaan aplikasi yang mudah.

Beberapa fitur audio yang disukai oleh pengguna seperti fade in dan fade out hadir disini. Pengguna juga bisa mengatur volume hasil rekaman agar tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil.

Resonansi dan gema juga bisa diatur disini sehingga suara terkesan lebih merdu. Melalui hal ini pengguna tidak khawatir lagi soal kualitas suaranya jika ada yang kurang pas didengar.

6. Wave Editor

Melalui aplikasi android ini, pengguna dimungkinkan untuk mendapatkan hasil output suara yang diinginkan. Dengan melakukan sedikit pengubahan pada file suara yang sebelumnya sudah dibuat dengan fitur yang ada dan merubahnya menjadi sesuatu yang lebih baik.

Dalam wave editor pengguna bisa melakukan beberapa hal untuk file audio seperti audio hasil rekaman. Editor dalam aplikasi menyediakan fitur cut, add file sampai menyatukan beberapa file audio kedalam satu timeline.

Tak cuma editing saja, ada juga fitur lain seperti perekaman audio secara langsung lewat aplikasi. Jadi ketika ingin melakukan rekaman tidak perlu mengandalkan aplikasi lain lagi. Rekaman tersebut juga bisa diedit dengan menggunakan fitur panning, dan zooming.

7. Adobe Audition

Aplikasi andalan para expert di bidangnya ini menjadi aplikasi terakhir yang akan dibahas. Adobe Audition merupakan aplikasi untuk mengolah file audio menjadi suatu hasil yang diinginkan. Hasilnya bisa berupa project atau sekedar merubah audio saja.

Software ini hanya bisa dibuka lewat PC Windows atau Mac. Fitur didalamnya akan mendukung pengguna untuk mendapatkan hasil suara yang diinginkan setelah melalui proses editing secara profesional. Format yang lengkap juga sangat mendukung proses menghasilkan output audio agar lebih baik lagi.

Adobe audition bisa diakses gratis namun dengan fitur yang terbatas. Untuk memiliki semua fiturnya, pengguna harus membayar biaya langganan per bulan atau bisa juga langganan untuk satu tahun bersama dengan beberapa aplikasi Adobe Creative Cloud lainnya dalam satu paket langganan.

Jika ingin mencoba merubah hasil rekaman suara jadi lebih berkualitas dan merdu, deretan rekomendasi aplikasi diatas bisa jadi pilihan yang tepat. Namun jangan terlalu mengandalkan kecanggihan software juga karena suara harus tetap diasah dan dilatih agar bisa menghasilkan suara yang lebih bagus.

Itulah beberapa aplikasi edit suara jadi merdu yang bisa dicoba. Merubah suara menjadi lebih bagus kini sangat memungkinkan karena berkat kemajuan zaman yang semakin canggih. Banyak bermunculan aplikasi-aplikasi editing audio yang setiap waktunya membawa fitur baru.

Semoga kedepannya makin banyak lagi inovasi yang bisa membantu manusia untuk berkarya lebih. Aplikasi gratis juga harus tetap dipertahankan agar para pemula yang baru mau mencoba bisa ikut belajar bagaimana mengolah suaranya jadi lebih bagus dengan bantuan software canggih.