free page hit counter
aplikasi membaca novel gratis

Aplikasi Membaca Novel Gratis Terbaik, Bisa Baca Kapan Saja

Membaca merupakan hobi yang menyenangkan, hemat, dan bermanfaat. Terlebih, saat ini terdapat aplikasi membaca novel gratis yang bisa dibaca kapan pun tanpa harus membawa buku. Bagi yang hobi membaca, tentu kehadiran aplikasi seperti ini sangat menarik untuk diikuti.

Berbekal smartphone atau tablet sudah dapat membaca ratusan judul novel melalui aplikasi. Ribuan judul dapat ditemukan setiap harinya, sehingga pengguna tidak akan mudah jenuh. Di kala senggang, membaca bisa menjadi aktivitas yang lebih bermanfaat dan memperkaya khazanah berpikir. Apa saja aplikasinya?

1. NovelPlus

NovelPlus merupakan aplikasi untuk Android yang menyediakan banyak novel dengan bermacam-macam genre. Tidak hanya membaca karya-karya novel yang menarik, pengguna juga dapat mengirimkan sendiri tulisannya hingga diterbitkan secara gratis. Apabila novel yang diunggah diminati banyak orang, akan berkesempatan masuk menjadi “Pilihan Editor”.

Novel-novel tersebut kemudian akan ditampilkan pada bagian atas, sehingga lebih mudah menarik pembaca baru. Koleksi novel dalam aplikasi berukuran 10 MB ini terus diperbarui sehingga daftar bacaan terus bertambah. Pengguna juga berkesempatan untuk saling terhubung dengan pembaca dan penulis untuk saling berdiskusi.

2. Wattpad

Tidak lengkap jika membahas aplikasi membaca novel gratis tanpa mengikutsertakan Wattpad. Apps berukuran 25 MB ini jumlah unduhannya telah melebihi 100 juta. Di sini pengguna akan disuguhkan pilihan genre novel yang sangat beragam. Ada cerita horor, romantis, aksi, dan sebagainya.

Semuanya dapat dibaca secara gratis. Keunggulan Wattpad yakni membuka kesempatan bagi pengguna untuk mengunggah cerita karangannya sendiri. Sudah banyak novel keluaran Wattpad yang diterbitkan di toko buku konvensional karena kepopulerannya. Tidak hanya versi online, Wattpad juga dapat diakses tanpa internet.

3. NovelToon

Berikutnya ada aplikasi bernama NovelToon, yang direkomendasikan untuk pembaca remaja hingga dewasa. Meskipun dapat diakses gratis, NovelToon cukup memperhatikan mekanismenya dengan meminta data tahun kelahiran penggunanya. Sehingga, apps berukuran 30 MB ini bisa memberikan rekomendasi novel sesuai usia.

Pengguna bisa mengunduh beragam judul novel yang tersedia. Jadi, novelnya dapat dibaca lagi tanpa harus terhubung ke internet. Selain bentuk teks, NovelToon juga menyediakan fitur podcast hingga audiobooks yang dapat didengarkan secara bebas. Bagi yang hendak menulis karyanya sendiri juga diperbolehkan mengirimkan tulisannya.

4. Joylada

Aplikasi membaca novel gratis selanjutnya adalah Joylada, yang mengusung konsep berbeda dari biasanya. Di Joylada, pengguna dapat membaca sambil chat dengan penulis serta pembaca lainnya. Joylada merupakan novel chat yang pertama kali ada, dengan ribuan pengguna aktif.

Pengguna dapat membaca beragam novel di Joylada dengan tampilan yang menyerupai aplikasi chatting, misalnya WhatsApp. Pilihan genrenya pun sangat beragam, dengan ukuran 143 MB. Pengguna bisa memulai sendiri cerita chatnya sehingga bisa diikuti oleh pengguna lainnya yang sedang aktif.

5. Goodreads

Aplikasi membaca novel gratis yang kompatibel untuk berbagai perangkat (iOs, Android, desktop) ini dapat digunakan secara gratis. Mayoritas orang yang suka membaca tidak lagi asing dengan Goodreads. Selain situsnya yang ramai digunakan untuk review buku, kini Goodreads juga hadir dalam versi aplikasi.

Tidak hanya novel, karya yang dimuat di Goodreads sangat beragam. Fiturnya pun mudah untuk digunakan dan cukup lengkap. Contohnya rekomendasi novel, daftar kutipan, ulasan, hingga koleksi-koleksi terbaik. Hingga sekarang, apps berukuran 25 MB ini sudah diunduh sampai 10 juta kali.

6. Google Play Reads

Aplikasi keluaran Google ini sangat direkomendasikan untuk mencari banyak buku berkualitas, termasuk novel gratis. Koleksi novel di aplikasi ini sangat beragam dan berkualitas. Pengguna dapat membaca novel yang tersedia secara gratis. Namun, harus tersambung ke internet terlebih dahulu.

Jadi, aktivitas membaca di sini bersifat online. Meski demikian, terdapat beberapa judul novel yang mengharuskan pengguna untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Harga novel yang berbayar pun berbeda-beda. Mulai dari 7 ribu sampai ratusan ribu yang dapat dibayar menggunakan kartu kredit atau pulsa.

7. GoodNovel

GoodNovel merupakan aplikasi membaca novel gratis yang mengusung beragam genre. Mulai dari roman, fantasi, misteri, sci-fi, hingga fan-fic. Salah satu yang menjadi favorit adalah fan-fic. Tidak hanya membaca novel yang menarik, pengguna juga berkesempatan untuk berkontribusi dengan mengirimkan karya buatannya di sini.

Realisasikan mimpi untuk menjadi penulis dengan terus mengasah kemampuan diri di sini. Penulis juga bisa mendapatkan review dari pembacanya sehingga bisa terus memperbaiki kualitasnya. Apps dengan ukuran 18 MB ini senantiasa memperbarui bab-bab novelnya. Tersedia hingga ratusan judul yang bisa diakses dengan bebas.

8. NovelMe

Rekomendasi aplikasi berikutnya adalah NovelMe, aplikasi yang dikhususkan untuk mencari dan membaca novel digital. Dengan jumlah unduhan melebihi lima juta, kualitas NovelMe tidak diragukan lagi. Banyak judul yang populer dan termasuk best seller di kalangan pembaca novel online. Namun, mayoritas genrenya adalah romansa.

Ingin menjadi penulis novel? Manfaatkan peluang untuk mengunggah tulisan di sini. Bahkan jika novelnya dibaca banyak orang, akan ada bayaran per bab novelnya. NovelMe juga rutin mengadakan acara untuk membagikan hadiah bernilai fantastis. Jangan ketinggalan dan segera unduh apps berukuran 9.1 MB ini.

9. Amazon Kindle

Tertarik membaca novel-novel berkualitas dari berbagai negara? Aplikasi membaca novel gratis bernama Amazon Kindle bisa menjadi sumber yang menjanjikan. Di sini tersedia ribuan judul novel untuk dinikmati penggunanya kapan saja. Mulai dari genre klasik, fantasi, thriller psikologis, dan sebagainya.

Aplikasi dengan ukuran 54 MB ini tidak hanya menyediakan novel. Melainkan juga banyak tipe bacaan lain misalnya majalah, komik, surat kabar, dan sebagainya. Hampir semua judul tersedia dalam versi audio sehingga bisa langsung didengarkan ketika jenuh atau lelah membaca.

Koleksi buku yang sangat banyak dapat meningkatkan minat baca serta memperluas jangkauannya. Menggunakan aplikasi Kindle lebih murah dibandingkan membeli langsung versi gawainya. Kurang puas dengan judul novel yang tersedia? Jika ingin varian judul yang lebih lengkap, bisa berlangganan versi premiumnya.

10. WeRead

WeRead merupakan platform untuk membaca novel-novel karya penulis Indonesia. Kendati demikian, ada juga banyak judul novel terjemahan dari penulis luar negeri. Terjemahannya pun cukup halus, sehingga nyaman dibaca dan mudah untuk dimengerti. Meski begitu, tidak seluruh judul bisa diakses secara gratis.

Ada judul tertentu yang memerlukan biaya sendiri untuk membacanya. Namun jangan risau, sebab ada fitur berupa tugas harian yang berhadiah koin gratis untuk membaca. WeRead juga terus diperbarui sehingga bug yang mengganggu telah dihilangkan. Penambahan paket gratisnya juga berlaku satu tahun, sehingga lebih leluasa.

Pengguna tidak perlu khawatir tertinggal judul baru, karena pembaruan judul novel di WeRead cukup update. WeRead dapat didownload dengan ukuran 11 MB saja, tidak terlalu membebani perangkat. Jangan lewatkan tugas harian untuk mendapatkan koin sebanyak-banyaknya.

Itulah beberapa aplikasi membaca novel gratis yang dapat mendukung minat baca. Selain efisien, membaca novel melalui aplikasi juga lebih hemat daripada membeli banyak buku. Sebab, tidak semua yang suka membaca berkesempatan dan memiliki kemampuan untuk membeli beli bukunya langsung. Novel online dapat menjadi alternatifnya.