free page hit counter
aplikasi penjernih video

Aplikasi Penjernih Video Terbaik untuk Saat Ini dengan Hasil Memuaskan

Kualitas sebuah video seringkali jadi perhatian khususnya oleh para konten kreator dimana kualitas ini bukan hanya soal kontennya tapi juga tentang kejernihan video. Video dengan kualitas ketajaman yang kurang baik bisa membuat orang malas melihatnya. Adanya aplikasi penjernih video bisa membantu menyelesaikan hal tersebut.

Kini software berupa aplikasi sudah bisa membantu untuk menjernihkan video dengan baik. Aplikasi dibuat dengan tambahan AI agar bisa menjernihkan video secara otomatis agar hasil lebih maksimal.

Aplikasi semacam itu dibutuhkan agar kualitas video tetap terjaga ketajamannya dengan tampilan yang lebih HD. Dengan begitu video lebih layak dilihat oleh banyak orang di sosial media. Penasaran dengan aplikasi apa saja yang digunakan? Disini akan dibahas aplikasi apa saja yang bisa menjernihkan video:

1. Inshot

Para editor video dari smartphone pasti sudah kenal dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini punya tampilan visual yang mudah dan ramah untuk pemula yang baru terjun ke dunia editing video khususnya mobile. Inshot sudah dilengkapi banyak alat yang bisa meningkatkan kejernihan video.

Fitur-fitur unggulan dari aplikasi ini mulai dari stabilizer sampai filter yang bisa membuat video lebih estetik. Untuk yang sering membuat video pendek dari aplikasi HP, inshot akan sangat cocok karena akan mendukung hal tersebut.

Inshot bisa diunduh lewat playstore dan App Store secara gratis pastinya. Namun untuk menikmati fitur yang lebih lengkap dan bebas watermark, pengguna harus membeli biaya berlangganan untuk satu bulan atau selama satu tahun sekaligus.

2. Filmora 

Siapa sangka jika Filmora juga ternyata punya aplikasi editor video yang bisa menjernihkan video versi mobile. Aplikasi filmora kini bisa diunduh di platform android yang bisa digunakan untuk menjernihkan kualitas video menjadi lebih baik. Ukurannya juga tidak sebesar yang ada di PC jadi aman untuk penyimpanan.

Ada banyak tools yang bisa dicoba untuk pengguna meningkatkan kualitas videonya khususnya dari segi kejernihan dan ketajaman. Contoh fitur yang mendukung untuk hal tersebut adalah pengatur kecerahan dan kontras untuk video.

Jika masih belum cukup dengan versi mobile, pengguna bisa memilih versi yang lebih lengkapnya yaitu versi Windows atau Mac. Disana pengaturan yang bisa diatur lebih banyak dan video yang diedit bisa lebih panjang lagi.

3. Power Director

Aplikasi lain yang bisa dicoba untuk menjernihkan kualitas video adalah Power Director. Power Director ini menjadi aplikasi yang banyak penggunanya karena sempat viral digunakan oleh banyak pembuat konten di tiktok dan juga YouTube.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dan sempat meraih penghargaan dari Play Store untuk kategori Editors Choice Awards. Disinilah mengapa aplikasi ini begitu populer dengan banyak kelebihan yang dimilikinya.

Kini aplikasi ini terus berkembang dan penggunanya masih banyak yang bertahan. Fitur yang jadi andalan disini tentu saja yang bisa menjernihkan video bernama Fix and Enhance. Video yang sedikit buram dan blur bisa lebih jernih dan enak dipandang mata.

4. Avidemux

Bagi yang mencari aplikasi yang murni untuk menjernihkan video saja, avidemux solusinya. Aplikasi ini sudah open source dan gratis digunakan siapa saja dari PC. Meski aplikasi ini sangat baik menjalankan tugasnya namun tetap saja tidak sepopuler aplikasi lainnya.

Mungkin ini diakibatkan karena aplikasi ini tidak punya editor videonya sendiri yang memungkinkan orang mengedit video dalam Avidemux. Disini pengguna hanya bisa mengganti Resolusi jadi lebih HD serta menambah fitur stabilisasi saja untuk satu video.

Jadi buat yang mencari aplikasi yang lengkap dengan editor video, belum bisa menemukannya di Avidemux. Tetapi soal kualitas hasil kejernihan video, aplikasi ini masih bisa bersaing dengan aplikasi lainnya.

5. Action Director

Rekomendasi selanjutnya untuk daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk memperjelas video adalah Action Director. Aplikasi ini bisa sangat berguna untuk menjernihkan video yang buram dan banyak gangguan. Selain itu aplikasi ini bisa membantu memperbaiki pencahayaan serta memberikan warna untuk video.

Beberapa fitur andalan di aplikasi ini seperti menambahkan efek dan transisi juga ada disini.Pengguna bisa memanfaatkan fitur tersebut sesuai dengan kreatifitasnya agar hasil video jadi lebih bagus dan layak dibagikan ke sosial media.

Untuk mendapatkan aplikasi ini pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu di play store. Untuk fiturnya akan terbatas jika memilih yang gratis, namun jika sudah berlangganan fiitur yang didapat akan jauh lebih banyak yang terbuka.

6. Premiere Pro

Para editor video kelas berat pasti sudah sangat paham dengan aplikasi penjernih video yang satu ini. Premiere pro adalah aplikasi yang menjadi incaran banyak editor video karena punya banyak fitur unggulan di dalamnya. Selain itu ada juga banyak extensions yang bisa ditambahkan kedalam premiere pro agar fitur lebih lengkap.

Namanya premiere pro tentu ini dibuat untuk para profesional di bidangnya khususnya editing video. Jadi bukan hal yang sulit untuk membuat kualitas video yang lebih jernih lagi dan lebih tajam. 

Premiere pro sudah mendukung banyak jenis format video hingga resolusi tinggi semacam 4K. Jadi jika punya video yang resolusinya sudah 4K, aplikasi ini sudah siap sedia untuk digunakan. Alternatif lainnya ada adobe premiere rush yang siap digunakan untuk versi mobile.

Jadi buat yang butuh aplikasi premiere namun tidak sempat membukanya di PC bisa menggunakan versi mobile. Namun sayang aplikasi tersebut masih terbatas untuk smartphone menengah keatas saja yang bisa menggunakannya.

7. VN (VlogNow)

Aplikasi yang terkenal di kalangan pembuat konten tiktok ini juga termasuk dalam aplikasi yang bisa menjernihkan video. VlogNow atau biasa disingkat dengan VN merupakan aplikasi editing mobile yang canggih dan serba bisa, disini akan banyak ditemukan keunggulan yang tak dimiliki aplikasi mobile lain.

Tampilannya juga sederhana membuat aplikasi ini mudah dioperasikan serta bisa jadi daya tarik tersendiri untuk pengguna baru, Fitur basic seperti memotong video menambahkan lagu sudah menjadi hal yang bisa ditemukan disini.

Hal yang unik dari VN adalah pengguna bisa berbagi lagu yang sama dengan apa yang jadi trending di tiktok. Lagu tersebut bisa digunakan untuk ditambahkan ke video yang sedang dibuat. Selain itu fitur penjernih video disini juga berfungsi dengan baik dan bisa meningkatkan kualitas video. 

Aplikasi penjernih video untuk mobile dan PC kini sama-sama bagus. Namun tetap saja akan lebih baik jika video yang diambil harus benar-benar menggunakan gambar yang kualitasnya terbaik agar hasil video yang dibuat bisa lebih dinikmati penonton yang ingin melihat konten tersebut.

Itu saja yang bisa disampaikan dari rekomendasi aplikasi penjernih video untuk saat ini. Kemungkinan kedepannya muncul fitur lain yang bisa meningkatkan kualitas video dan bisa sangat membantu editor video. 

Namun jangan terlalu mengandalkan kemampuan software karena pasti hasilnya tidak akan sebagus apa yang diambil secara real oleh kamera yang berkualitas.