free page hit counter
aplikasi membuat flowchart

9 Aplikasi Membuat Flowchart dengan Fitur Canggih dan Kemudahan Akses

Artikel diperbarui pada 19 Oktober 2022.

Fungsi aplikasi membuat flowchart (diagram alur) yang semakin membantu masyarakat menginisiasi developer terus mengembangkan piranti. Khususnya dalam akses yang memudahkan dan kualitas fitur terbaik.

Flowchart sendiri sering dimanfaatkan sebagai media presentasi berupa gambaran alur kerja atau berisi solusi dari suatu pemecahan masalah. Dimana pembuatan diagram alur tidak semudah yang dibayangkan apalagi untuk pemula.

Oleh karena itu, dibutuhkan alat yang mendukung penjabaran sistematis antara satu topik ke topik selanjutnya. Fitur yang tersedia dalam aplikasi nantinya akan membantu para pengguna saat mendesain diagram alur dengan cukup mudah

Lantas apa-apa saja piranti flowchart tersebut? Agar menemukan jawabannya, mari simak rangkuman berikut dengan saksama.

1. Microsoft Visio

Hadir dari pengembang Microsoft, aplikasi bernama Microsoft Visio sudah masuk ke dalam jajaran piranti flowchart populer di masa sekarang. Tidak terbatas pada diagram alur, aplikasi ini juga mampu membuat denah rumah, organisasi, dan berbagai skema lainnya.

Visualisasi yang diberikan terbilang mumpuni dengan pilihan template menarik yang dapat digunakan untuk kepentingan pekerjaan. Dengan Microsoft Visio, flowchart bisa didesain bersama-sama dalam mencapai tujuan tim.

Alasannya karena aplikasi memiliki kemampuan real time yang mana data sebelumnya tetap bisa dipantau lewat penerapan bentuk. Di samping berupa piranti, Microsoft Visio dapat diakses melalui situs web dengan mudah.

2. ClickUp

Tidak melulu menggunakan template dalam membuat sebuah diagram alur, ClickUp memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk berkreasi. Dimana terdapat alat manual, seperti fitur Elements dan Connectors yang bisa dimanfaatkan untuk mendesain flowchart.

Gambarkan diagram alur sesuai kebutuhan pekerjaan atau tugas dan buat dengan jelas namun tetap memperhatikan kesederhanaan bentuk. Ini karena terkadang model flowchart yang terlalu rumit menyebabkan presentasi menjadi kurang bermakna.

ClickUp juga bisa digunakan sebagai alat alternatif dalam menuliskan daftar-daftar penting, mencatat rencana harian, dan masih banyak lagi. Apabila dirasa ingin memanfaatkan yang unlimited maka silahkan lakukan transaksi sebesar 174 ribu rupiah per bulan.

3. Dia Diagram Editor

Aplikasi membuat flowchart selanjutnya datang dengan nama Dia yang tidak hanya menyajikan desain diagram alur tetapi diagram lain. Seperti Network Diagram, Assorted, UML diagram, dan Circuit.

Dalam Dia Diagram Editor terdapat berbagai macam alat dan fitur canggih yang bisa membantu pembuatan flowchart. Penyimpanan hasil diagram alur nantinya bisa dilakukan dalam beragam format, diantaranya PNG, JPG, WMF, VDX, dsb.

Di samping alat dan mode penyimpanan flowchart yang modern, Dia Diagram Editor juga dapat mendukung opsi penambahan objek. Namun perlu diingat agar merancang dahulu file XML dengan bentuk yang sederhana dan memiliki format SVG.

4. Whimsical

Bagi kalangan yang tidak suka dengan sesuatu berbau ribet atau repot tampaknya Whimsical dapat menjadi solusinya. Tidak terbatas pada kepraktisannya, aplikasi bisa diakses secara gratis.

Aplikasi yang satu ini tidak memerlukan alat untuk membuat diagram alur sebagai gambaran presentasi suatu pekerjaan. Tidak pula membutuhkan pihak ketiga dalam membantu penerapan flowchart yang terbentuk.

Whimsical memberikan kemudahan hanya dengan satu kali klik pada objek yang dipilih dan ingin dihubungkan. Koneksi antar objek juga bisa dilakukan secara cepat asalkan perangkat yang dimanfaatkan mendukung kinerja aplikasi.

5. Diagram Ring

Aplikasi membuat flowchart berikutnya menawarkan penggunaan dengan dua mode yaitu pilih dan hubungkan yang bisa membantu presentasi tugas. Untuk mode pilih pengguna dapat menambahkan bentuk atau shape yang telah tersedia pada flowchart.

Sementara mode hubungkan, cenderung memanfaatkan garis dalam mengkoneksikan bentuk yang dipilih. Seandainya saat pengerjaan terjadi kesalahan, jangan khawatir karena Diagram Ring memiliki kemampuan fungsi kustomisasi huruf dengan mudah.

Informasi tambahan, Diagram Ring menyajikan tidak terbatas pada flowchart saja, tetapi ada grafik, pie chart, DML, ERD, dan UML. Hasil dari penyuntingan diagram nantinya dapat dijadikan dalam format JPG (jikalau dibutuhkan).

6. Draw.io

Piranti bernama Draw.io ini merupakan aplikasi pembuat flowchart yang bersifat open source alias gratis. Bukan cuma flowchart yang dapat dimanfaatkan dalam piranti namun berbagai diagram seperti proses dan ERD pun bisa diakses.

Fitur yang dirancang oleh developer bisa digunakan baik saat sedang dalam jaringan (online) maupun luar jaringan (offline). Di samping fitur yang cukup mumpuni, shape tersedia pula dengan ragam rupa dan penyimpanan berbagai format.

Bagi yang tidak tertarik mengunduh Draw.io karena alasan tertentu namun ingin mencobanya maka bisa mengakses versi web. Langsung menuju peramban untuk mencari situs terkait, pastikan yang official agar lebih aman.

7. Diagram Designer

Sesuai namanya, Diagram Designer kerap digunakan sebagai aplikasi membuat flowchart yang mendukung desain dasar. Mulai bentuk kotak hingga panah yang tergantung pada kebutuhan rancangan diagram.

Disini pengguna bisa menggabungkan bentuk menjadi satu diagram, dapat juga “menyelaraskan” format yang dibuat. Impor file yang bisa dilakukan mulai dari GIF, PNG, BMP, JPG dan sebagainya.

Nantinya untuk template yang terpisah dan ingin dihubungkan dapat memanfaatkan simbol. Ada pula ketersediaan persamaan matematika dengan opsi plotter, khusus bagi yang memerlukan opsi tersebut.

8. Canva

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi Canva terlebih kalangan yang memiliki pekerjaan di industri digital. Ternyata Canva dapat pula dimanfaatkan untuk kepentingan desain flowchart, apakah itu dengan template atau secara manual.

Template yang tersedia dalam aplikasi Canva tidak sedikit jumlahnya, dimana ada sekitar ribuan template termasuk flowchart. Agar bisa digunakan, lakukan pengunduhan terlebih dahulu dengan mengikuti instruksi yang diberikan.

Sedangkan pada desain manual, silahkan mainkan opsi drag dan drop untuk mengatur shape flowchart. Jangan takut akan sulit karena Canva memberikan kemudahan akses di setiap fitur.

9. Edraw Mind Map

Hadir dengan berbagai macam opsi dan fitur yang dapat membantu dalam penerapan flowchart, Edraw Mind Map bisa dipilih. Aplikasi mendukung pula untuk menggambar diagram grafik dengan sederhana.

Sejumlah bentuk seperti Border, Arrow, Basic Flowchart, Mind Map, dan Background kerap disarankan dalam penyajian diagram. Namun semua tergantung pada keperluan model rancangan presentasi.

Edraw Mind Map bisa digunakan untuk membuat lebih dari satu bentuk diagram alur. Hanya saja, versi open source  memuat watermark yang terlihat pada gambar.

Itulah beberapa aplikasi membuat flowchart yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang dalam membantu pekerjaan terlebih dengan kepentingan presentasi. Melalui piranti tersebut buatlah diagram alur secara sistematis agar audiens tidak kebingungan melihat flowchart.

Kemudian jangan sembarangan memberikan informasi saat menulis poin keterangan dalam diagram alur. Alasannya karena mencegah pemikiran liar yang bisa saja berkembang.

Lalu jangan lupa sebelum melakukan unduhan, perhatikan kesediaan ruang penyimpanan yang ada dalam perangkat. Setelah itu, perhatikan spesifikasi dari aplikasi yang ingin dipasang pada perangkat.

Tujuannya untuk menghindari kegagalan pemasangan akibat piranti tidak kompatibel atau tidak sesuai. Dimana tidak menutup kemungkinan kerja yang seharusnya lebih cepat menjadi lambat.