free page hit counter
aplikasi absensi siswa online gratis

Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis yang Bisa Didownload

Artikel diperbarui pada 18 Oktober 2022.

Aplikasi absensi online memang sedang menjadi tren belakangan ini. Tidak cuma praktis digunakan namun ini juga menjadi program digitalisasi yang baik di lingkungan pendidikan ke seluruh penjuru negeri. Ada beberapa aplikasi absensi siswa online gratis yang beredar dan bisa dicoba secara gratis pula.

Lewat sistem pencatatan abses biasa, guru pastinya akan lebih lama dalam mengurus absensi siswanya. Belum lagi akses informasi yang dibutuhkan melihat kembali data absensi secara manual sangat perlu waktu ekstra.

Adanya sistem pencatatan absensi siswa secara online, pengelolaan tentang absensi bisa lebih tertata lagi. Ini juga bisa membantu guru untuk memantau tingkat kehadiran anak didiknya.

1. Talenta

Aplikasi talenta punya banyak jumlah download di play store dalam list yang ada disini. Jumlah unduhannya sudah mencapai 50 ribu pengguna hingga saat ini. Aplikasi ini didukung oleh fitur GPS yang bisa melihat apakah siswa benar-benar hadir di lokasi.

Aplikasi ini mendapatkan nilai rating sebesar 4.0 di Play Store sehingga bisa diandalkan. Ada yang menarik dari aplikasi ini dimana ada yang namanya live chat jika pengguna merasa kesulitan dalam mengoperasikannya.

Pada pengujiannya ada beberapa fitur yang sangat berguna yaitu clock in dan clock out berfungsi mencatat kapan siswa masuk dan keluar. Layanannya ini bisa diakses oleh pengguna dengan gratis namun untuk mencoba saja dalam beberapa waktu, sisanya pengguna akan dimintai biaya langganan.

2. Jojonomic

Beralih ke aplikasi jojonomic, aplikasi ini punya sistem absensi yang menarik untuk melakukannya secara online. Aplikasi ini bisa memonitor pengguna yang terdaftar untuk mengatur waktu kapan masuk dan keluar.

Jojonomic bisa melihat bagaimana aktivitas yang dilakukan siswa dari mulai masuk hingga keluar absensi. Sehingga siswa lebih bisa terkontrol dan jika membolos bisa ketahuan kapan ia melakukan absensi setiap harinya.

Mungkin kedepannya bisa diterapkan fitur pemindaian wajah agar aplikasi bisa lebih akurat. Mengingat GPS tidak selalu akurat setiap saatnya dan ada kalanya GPS dimatikan oleh pengguna pada saat yang tidak diduga.

Jojonomic bisa mengintegrasikan kehadiran siswa untuk meningkatkan juga tingkat absensi siswa karena guru bisa memantauya langsung secara penuh aktivitasnya. User interface dalam aplikasi ini masih butuh beberapa perbaikan karena dirasa kurang menyenangkan.

3. Hadirr

Tidak seperti beberapa aplikasi yang sudah disebutkan diatas, aplikasi absensi siswa online ini lebih muda dari yang lainnya. Masih baru diluncurkan pada 2017 yang lalu, kini Hadirr sudah banyak mengalami perkembangan bahkan yang terbaru sudah mendukung sistem pindai wajah.

Nantinya siswa yang akan melakukan absen harus melakukan pindai wajahnya pada saat melakukan absen saja. Pindai wajah ini jadi sebagai sistem autentikasi atas harapan untuk siswa tidak mengelabui jika memang tidak hadir.

Hadirr akan melakukan pengecekan secara real time dan tepat untuk kepentingan absensi. Kekurangan pada aplikasi ini adalah dari segi user interface sekali lagi dan masih perlu perbaikan agar bisa mudah digunakan.

4. AbsenKu

Aplikasi absensi siswa online gratis ini juga bisa dibilang yang punya peran baru dalam dunia aplikasi absensi. Untuk melakukan tugasnya aplikasi ini akan meminta izin lokasi untuk memanfaatkan GPS pada smartphone pengguna. Selain itu absenku juga bisa membantu siswa dalam melaporkan kegiatannya.

Absenku mendapatkan 10 ribu jumlah install hingga saat ini dan responnya cukup positif. Jika ingin menggunakan aplikasi ini pengguna bisa memanfaatkannya secara gratis dalam 30 hari.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah responnya yang terkesan kurang cepat jika sedang berhubungan dengan basis data yang diperlukan. Tentu ini menjadi tugas yang berat untuk tim pengembang agar bisa mengoptimalkan aplikasi ini lagi kedepannya.

Dikembangkan oleh Desnet APP yang merupakan perusahaan yang baik di bidangnya. Aplikasi ini punya ukuran yang biasa saja yaitu 30 MB sesuai dengan kemampuannya. Hal ini tidak terlalu membebani perangkat pengguna yang spesifikasi HP nya rendah.

5. Zoho Form

Bagi yang familiar dengan formulir online dari google, maka aplikasi ini menawarkan pengalaman yang cukup mirip dengan aplikasi tersebut. Aplikasi ini punya keunikan dimana validasi untuk absensi akan meminta tanda tangan dari pengguna secara virtual.

Tanda tangan adalah sesuatu yang unik dan sulit untuk dilakukan orang lain. Nantinya akan ada kotak yang tersedia untuk siswa mengisi tanda tangannya disana namun harus dibuat secara benar dan real time sampai link yang dibagikan hangus.

Tampilannya yang mirip google form membuat pengguna cukup familiar dengan desain tampilan antar mukanya. Selain itu ada juga keunikan lain dimana banyak hal yang bisa dibuat dari form tersebut bukan hanya untuk absensi saja.

6. Skul ID

Ada aplikasi lain juga yang punya rating tinggi di Play Store dan banyak juga penggunanya. Skul Id dibuat untuk kebutuhan sekolah karena bisa memberikan layanan absensi yang begitu baik. Poin pentingnya yang menjadi tujuan aplikasi ini pastinya sistem absensi yang bisa dilakukan online.

Namun lebih dari itu, aplikasi ini juga bisa memberikan kelebihan lain seperti fitur pengumpulan tugas dan kebutuhan sekolah lain. Ukurannya yang kecil hanya sebesar 16 MB namun bisa memenuhi banyak kebutuhan sekaligus jadi catatan keunggulan tersendiri bagi aplikasi ini.

Fitur yang tersedia bukan hanya diakses oleh guru dan muridnya saja. Tetapi orang tua juga bisa memanfatkan langsung aplikasi ini untuk melihat bagaimana perkembangan kehadiran anaknya di sekolah. Aplikasi ini bisa jadi acuan yang tepat untuk melihat bagaimana performa anak atau murid dalam tanggung jawabnya.

7. Onklas

Absensi bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan lewat aplikasi bernama Onklas ini. Sesuai dengan namanya aplikasi absensi ini memang ditujukan untuk absensi di kelas untuk siswa sekolah secara menyeluruh dan terintegrasi.

Semua kegiatan di sekolah bisa terpantau mulai dari absensi, pemberian tugas, input nilai dan masih bisa banyak hal lain yang dilakukan. Aplikasi ini juga bisa menyimpan modul yang diberikan guru untuk diakses oleh muridnya.

Aplikasi ini punya ukuran yang kecil dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Sangat cocok untuk siswa dan guru yang tidak punya spesifikasi yang bagus pada smartphone miliknya.

Aplikasi ini punya pengalaman penggunaan yang menarik karena ada sistem user interface yang ramah. Ditunjang dengan kemudahan penggunaan sehingga pengguna jarang menemukan kesulitan saat mengoperasikannya.

Ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh daftar aplikasi absensi siswa online gratis yang direkomendasikan diatas. Tentunya ada aplikasi lain yang masih memberikan manfaat serupa namun tidak sempat semuanya dibahas disini. Perkembangan aplikasi absensi akan maju kedepannya dan diharapkan banyak perbaikan terjadi.

Jadi itulah daftar aplikasi absensi siswa online gratis yang bisa bermanfaat untuk pendidikan. Dengan adanya ini siswa dan guru sama-sama diuntungkan karena dipermudah dalam urusan absensi sehingga tidak memerlukan sistem konvensional lain.

Orang tua juga bisa turut memantau perkembangan anaknya karena ada aplikasi yang memperbolehkan orang tua ikut melihat absensi. Sebelumnya sudah ada edmodo yang melakukan hal serupa namun masih berupa website belum menjadi aplikasi.