free page hit counter
aplikasi belajar mtk

10 Aplikasi Belajar MTK Gratis dan Menyenangkan

Artikel diperbarui pada 17 Oktober 2022.

Bagi sebagian besar siswa, matematika ialah salah satu mata pelajaran yang sangat sulit. Namun kini berkat kemajuan teknologi, hanya dengan smartphone maka bisa mengakses aplikasi belajar mtk dengan mudah.

Meskipun tergolong ilmu pasti, namun banyak yang merasa kesulitan ketika mempelajari mata pelajaran yang satu ini. Banyaknya rumus yang harus dihafalkan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pelajar.

Dengan alasan terebut, maka tidak heran jika kemudian orang tua menginginkan putra-putrinya untuk mengikuti bimbel. Namun, karena tarif yang tidak murah, hadirlah aplikasi belajar sebagai alternatif dan solusi terbaik.

Dengan belajar menggunakan aplikasi akan lebih mudah dipahami. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi belajar mata pelajaran matematika yang bisa dicoba, antara lain:

1. Photomath

Aplikasi belajar mtk ini gratis dan sangat digemari oleh para pelajar. Photomath sendiri memungkinkan para pelajar untuk melakukan scanning terhadap soal-soal yang tidak bisa dipecahkan secara mandiri. Nantinya aplikasi akan mendeteksi simbol dan angka yang sudah ter-scan.

Sebagai solusinya, aplikasi ini kemudian akan menampilkan hasil dan cara pengerjaannya. Pastikan tulisan tangan rapi agar bisa terbaca dengan baik. Tidak hanya online, namun aplikasi ini juga bisa diakses secara offline.

Belajar matematika terasa lebih menyenangkan karena setiap soal diberikan penjelasan secara detail. Pengguna bisa lebih memahami soal tersebut dari penjelasan yang diberikan oleh aplikasi terkait jawabannya.

2. Math Tricks

Aplikasi ini menjadi pilihan terbaik bagi pelajar yang sedang mencari dan ingin mempelajari rumus matematika untuk mengerjakan soal. Tidak hanya rumus, namun di aplikasi ini pelajar juga akan menemukan ratusan trik untuk memecahkan soal matematika.

Beragam trik yang disajikan mulai dari penjumlahan, pengurangan, aljabar, dan masih banyak lagi. Semakin tekun pelajar untuk mempelajari dan menerapkan trik yang ada di aplikasi, maka akan memudahkan dalam menyelesaikan soal ujian matematika.

Berbagai jenis soal yang sulit akan terasa lebih mudah dan ringan untuk dikerjakan. Ini karena pengguna sudah terbiasa mempelajari trik pengerjaan soal yang benar dan tepat.

3. Khan Academy

Aplikasi belajar mtk ini tidak hanya menyajikan materi matematika saja, namun juga fisika hingga kimia yang bisa diakses secara gratis. Setiap pengguna bisa menyaksikan video dan penjelasan yang tersedia pada aplikasi ini.

Untuk materi matematika terdapat beberapa topik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap pengguna bisa belajar tips dan trik matematika secara intens menggunakan aplikasi ini. Tentunya sudah dilengkapi dengan contoh soal yang dibuat identik dengan ujian nasional.

4. MalMath

Aplikasi ini akan membantu pengguna untuk mengerjakan soal integral, limit hingga logaritma dengan mudah. Nantinya setiap pelajar yang menggunakan aplikasi ini akan mendapatkan langkah penyelesaian dan penjelasan secara detail.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini cocok bagi pelajar yang lebih menyukai cara belajar sendiri. Beragam materi matematika dan penjelasan lengkapnya akan membuat pelajar semakin paham dan mengerti mengenai mata pelajaran matematika.

Bagi pelajar yang merasa kesulitan dalam mengikuti mata pelajaran matematika bisa lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi ini. Beragam fitur yang tersedia juga akan semakin memudahkan dalam belajar dan mengerjakan soal yang diberikan guru.

5. Mathway

Aplikasi belajar mtk yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk digunakan pada perangkat ponsel bahkan pada spesifikasi yang rendah sekalipun. Pengguna bisa memanfaatkan kalkulator aljabar untuk mempermudah dalam mengerjakan tugas atau PR matematika.

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang berguna untuk scanning sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan soal yang sulit dipecahkan. Pengguna juga bisa memasukkan soal yang tidak bisa dijawab pada kolom yang tersedia. Nantinya aplikasi akan memberikan jawaban dan penjelasannya.

6. CoLearn

Aplikasi belajar mtk ini sudah banyak sekali digunakan oleh pelajar di Indonesia. Dengan fakta tersebut, menjadikan aplikasi ini menjadi rekomendasi untuk membantu belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, mudah dan sederhana tentunya.

CoLearn akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menyelesaikan soal matematika yang rumit dengan menerapkan trik yang sangat mudah. Selain itu, untuk mengerjakan soal, aplikasi ini juga memanfaatkan kecanggihan kamera pada smartphone.

7. Brainly

Aplikasi belajar mtk ini merupakan aplikasi yang bisa diakses secara gratis dan digunakan oleh hampir semua pelajar di Indonesia. Tentu saja agar bisa menemukan kunci jawaban dari soal yang tidak bisa diselesaikan secara mandiri.

Di dalamnya tidak hanya menyediakan penyelesaian soal matematika, namun juga bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai jenis mata pelajaran seperti sejarah, IPA, IPS, dan masih banyak lagi. Karena mudah digunakan, aplikasi ini cocok bagi pelajar dari berbagai jenjang pendidikan.

8. Socratic by Google

Aplikasi belajar mtk ini hampir sama dengan sebelumnya. Ialah aplikasi matematika yang mampu menyelesaikan soal dengan cara yang  unik. Yaitu mengambil foto dari soal tersebut lalu aplikasi akan menampilkan jawaban dan penjelasan. Menariknya, aplikasi ini disokong secara langsung oleh Google.

Nantinya pengguna akan mendapatkan cara untuk menyelesaikan soal secara lengkap dan detail. Tidak hanya matematika, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu mengerjakan soal berbagai mata pelajaran lainnya.

9. yHomework

Aplikasi belajar mtk berfungsi untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan PR yang diberikan oleh guru. Untuk menggunakannya tergolong sangat mudah yaitu hanya perlu memasukkan persamaan yang ada di soal tersebut ke dalam aplikasi.

Nantinya aplikasi akan memberikan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal tersebut secara lengkap dan sistematis. Apabila terganggu dengan iklan yang sering muncul, maka bisa beralih ke akun Pro.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu adanya private tutor. Pengguna bisa berkonsultasi terkait mata pelajaran tertentu pada private tutor secara online. Ini akan membantu pengguna untuk lebih mudah dalam memahami soal maupun materi tersebut.

10. Mathematics

Aplikasi belajar mtk ini sangat cocok untuk SD, SMP hingga SMA. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang lengkap dan menarik untuk digunakan. Berbagai jenis soal yang kompeks seperti matriks juga bisa dipecahkan dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, namun jika pengguna diminta untuk membuat grafik dari sebuah persamaan maka aplikasi ini bisa membantu. Nantinya aplikasi akan membantu pengguna untuk mengetahui bentuk grafik yang benar dan sesuai.

Itulah beberapa referensi aplikasi belajar mtk yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan soal matematika yang sulit untuk diselesaikan. Tidak hanya diakses secara gratis, namun aplikasi di atas juga sangat direkomendasikan karena keunggulan yang ditawarkan.

Setiap aplikasi hadir dengan keunggulannya masing-masing sehingga membuat pengguna lebih mudah menggunakannya. Belajar matematika menjadi lebih menyenangkan karena cara yang disampaikan terkesan sederhana namun tetap detail.

Tidak hanya itu, beragam fitur juga tersedia pada setiap aplikasi. Tentu saja agar pengguna bisa lebih nyaman ketika belajar dan mengerjakan soal matematika. Dengan berbagai kemudahan tersebut tentu bukan lagi alasan untuk tidak mengerjakan soal matematika bahkan yang rumit sekalipun.