free page hit counter
aplikasi penambang crypto gratis
aplikasi penambang crypto gratis

Aplikasi Penambang Crypto Gratis Berikut Jenis Aset Dan Metodenya

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2022.

Dalam dunia saham – trading – investasi ini, ada sebuah istilah lain yaitu tambang-menambang alias mining. Maksud harfiahnya seperti pertambangan, yakni beberapa orang yang ‘mencari’ aset secara mandiri, bukan di trading. Diperlukan pula aplikasi penambang crypto gratis sebagai wadah pendukung.

Pada soal ini, ada jalan yang harus dilalui untuk bisa memulai penambangan. Agar bisa memasuki sistem blockchain, biasanya para penambang harus memecahkan beberapa kode sistem menggunakan soal matematika. Kemudian, barulah bisa mencari tempat tambang yang nyaman.

Selain itu, hal yang umum alias dijadikan bahan pertambangan adalah crypto. Aset crypto memiliki banyak jenis yang bisa ditambang. Masing masing aset pun pasti memiliki nilai sendiri yang membuatnya berharga untuk dicari.

Jenis Aset Crypto yang Umum di- Mining / Tambang

Trader umumnya sudah mengetahui bahwa crypto memiliki aset aset berharga yang bisa ditambang. Beberapa contoh aset di bawah ini bahkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Apa sajakah jenis aset crypto yang biasa ditambang ini? Berikut jawabannya:

1. Bitcoin

Sampai saat ini, Bitcoin masih menjadi favorit aset para trader. Oleh karena nilainya yang besar dan mudah di- trading, Bitcoin akhirnya menjadi sebuah aset crypto yang selalu dicari. Menambang Bitcoin bahkan merupakan  hal yang amat lumrah.

Bahkan kebanyakan aplikasi penambang crypto adalah untuk Bitcoin. Tidak heran karena koin ini termasuk multifungsi dan berharga tinggi.

2. Binance Coin

Aset kedua yang biasanya juga berada di aplikasi penambang crypto gratis adalah Binance Coin. Setelah Bitcoin, Binance Coin juga termasuk dalam aset yang paling diincar trader. Bahkan ada trader yang menambang khusus untuk mencari Binance Coin.

Tentu saja hal itu berdampak dari harga Binance Coin yang cukup tinggi. Koin ini juga bisa ditukar dengan harga yang sangat jauh dari pada trading. Menambang Binance Coin memang menguntungkan.

3. Dogecoin

Pernah mendengar tentang Dogecoin? Awalnya, pembuat Dogecoin hanya berniat untuk iseng meniru Bitcoin dalam rangka main main. Tidak disangka, Dogecoin malah disukai banyak orang dan perlahan kini nilainya semakin melesat naik dari hari ke hari.

Menanggapi hal tersebut akhirnya pembuat Dogecoin mulai menyeriusi pembuatan koin ini. Setelah diproduksi, tak ayal lagi harga koinnya semakin naik.

4. Ethereum

Terakhir, Ethereum juga turut menjadi bentuk contoh aset crypto yang umum ditambang. Nilai mata uang ini cukup tinggi, bahkan menyaingi Bitcoin dan Binance Coin. Tingginya permintaan pada Ethereum membuat koin ini trader jadi memiliki hasil yang cukup menjanjikan.

Maka tidak jarang di beberapa pertambangan crypto ada penambang yang khusus mencari Ethereum. Bahkan ada juga yang membuka penambangan hanya khusus untuk Ethereum.

Macam Macam Metode Tambang Crypto

Ternyata, melakukan mining crypto atau penambangan crypto bisa melalui beberapa metode. Melalui metode-metode ini, penambangan jadi sukses dilakukan. Ada tiga metode yang mana sangat lumrah digunakan, yaitu:

1. Mining Pool

Di antara istilah untuk metode yang lain, Mining Pool adalah yang paling umum didengar. Maksud dari Mining Pool adalah sebuah wadah yang biasanya dijadikan tempat menambang crypto oleh beberapa orang.

Mining ini dilakukan melalui sebuah aplikasi atau jaringan yang biasanya telah dibentuk oleh satu atau dua orang terlebih dahulu. Penambang baru yang ingin bergabung harus berdiskusi dengan penambang lainnya,  sepakat membagi hasil, barulah bisa bergabung.

2. Solo Mining

Metode yang kedua adalah solo mining yang mana artinya adalah menambang sendiri. Penambang harus membuat ruangan untuk mining dari blockchain secara mandiri. Kemudian, melakukan penambangan sendirian pula.

Namun, untuk itu dibutuhkan perangkat yang mendukung. Mulai dari PC, CPU komputer, serta perangkat keras lainnya. Selain itu pun, dibutuhkan juga jaringan internet yang kuat. Untuk hasilnya, jelas keuntungan yang didapat bisa lebih besar.

3. Cloud Mining

Metode terakhir untuk melakukan penambangan adalah dengan Cloud Mining. Cloud sendiri artinya sebuah hosting jaringan yang dibuat oleh beberapa server untuk tujuan masing-masing. Dalam hal ini kegiatan yang dimaksud adalah menambang crypto.

Langkah menambang crypto dengan metode cloud mining dibutuhkan kerjasama antar beberapa penambang untuk mendirikan sebuah cloud hosting di jaringan blockchain. Penambang bisa menggunakan beberapa contoh aplikasi hosting seperti Genesis Mining dan Hasing24.

Rekomendasi Aplikasi untuk Menambang Crypto

Di atas tadi adalah bahasan tentang metode metode yang digunakan untuk menambang crypto. Kini, calon penambang juga harus tahu aplikasi penambang crypto gratis yang bisa dimanfaatkan. Ingin tahu beberapa contohnya? Silakan simak uraiannya berikut:

1. Bitcoin Miner

Nama Bitcoin Miner mungkin telah terkenal menjadi salah satu aplikasi penambang crypto gratis di kalangan trader. Memang, seperti namanya Bitcoin Miner lebih condong kepada penambangan Bitcoin saja. Berhubung Bitcoin merupakan salah satu jenis crypto maka aplikasi ini bisa digunakan.

Bitcoin Miner bisa dioperasikan menggunakan Android. Tidak perlu mengeluarkan biaya modal karena sejatinya Bitcoin Miner ini gratis. Aplikasi ini  dapat bekerja secara otomatis sehingga penambang tidak perlu mengesampingkan aktivitas yang diprioritaskan demi mengecek tambang.

2. MinerGate

Selanjutnya, aplikasi penambang crypto gratis lainnya adalah MinerGate. Aplikasi MinerGate juga termasuk sebagai andalan para penambang crypto untuk melakukan kegiatan ini. Didukung oleh proses aplikasi yang simpel dan keuntungan yang akurat.

Saat ini, pengguna aktif dari MinerGate sendiri sudah mencapai 2 juta orang bahkan lebih. Jumlah tersebut akan terus bertambah. Satu lagi, tidak pernah ada kerusakan server yang berarti di MinerGate. Aplikasi ini aman digunakan.

3. AA Miner

Selanjutnya, AA Miner juga masuk ke dalam daftar aplikasi penambang crypto gratis yang harus diakui. Banyak penambang yang sukses meraup untung setelah merintis menggunakan aplikasi ini. Fitur aplikasi yang dikandung mudah dipahami bahkan untuk pengguna baru.

Aplikasi AA Miner selain memiliki fitur lengkap juga memiliki jenis jenis aset crypto selain Bitcoin yang siap ditambang. Penambangan juga mudah dan AA Miner menyediakan pelayanan tanpa terinterupsi iklan seperti aplikasi lain.

4. CryptoTab

Aplikasi CryptoTab juga rasanya harus ikut dimasukkan dalam daftar atas aplikasi penambang crypto gratis. Umumnya, aplikasi ini digunakan untuk penambang yang berselancar melalui perangkat komputer. Namun kini, CryptoTab juga bisa diaplikasikan melalui perangkat ponsel.

Seperti yang lainnya, pengguna CryptoTab sebagai aplikasi penambang crypto cukup banyak. Biasanya, penambang menggunakan CryptoTab untuk menambang Bitcoin. Apabila jaringan sedang buruk, CryptoTab bisa disambungkan pada aplikasi booster bernama Cloud Boost.

Secara singkat, itulah aplikasi penambang crypto gratis yang bisa dicoba. Keempatnya sangat direkomendasikan apabila ditilik dari rating dan feedback yang didapatkan. Lebihnya lagi, penambang bahkan tidak perlu membuka aplikasi di komputer karena bisa dilakukan di ponsel.

Bahkan, ada beberapa aplikasi yang memberikan bonus atau modal kepada penambang baru. Bonus tersebut biasanya berupa sejumlah koin aset crypto, misalnya Bitcoin. Kemudian, setiap kali selesai menambang pun, penambang juga akan diberi bonus.

Hal yang harus diketahui adalah, menambang crypto bisa dikatakan sebagai kegiatan yang sedikit sulit, namun sebenarnya mudah. Pertahankan nilai aset crypto di atas rata rata dan segeralah jual aset agar modal kembali.