free page hit counter
aplikasi simulasi kpr

Rekomendasi Aplikasi Simulasi KPR Terbaik, Persiapkan Sejak Dini

Mengejar target untuk membeli rumah impian memerlukan beragam persiapan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi simulasi KPR untuk mempelajari hitungannya. Terlebih bagi yang masih awam dan belum pernah terlibat dalam urusan KPR. Kini tidak menjadi masalah, sebab aplikasi terbaik bisa membuat penggunanya lebih paham.

Memiliki rumah adalah mimpi banyak orang, namun persiapan biaya saja belum cukup. Mempelajari simulasi KPR dapat membantu pembekalan informasi yang matang, sehingga bisa mengatasi berbagai kemungkinan. Berikut rekomendasi aplikasi untuk yang berencana membeli rumah maupun sekedar mengetahui mekanisme perhitungannya.

Mengapa Perlu Melakukan Simulasi KPR?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan aplikasi simulasi KPR, terlebih dahulu perlu memahami pentingnya simulasi ini. Simulasi KPR adalah tahap yang dilakukan untuk membuat perkiraan besarnya cicilan KPR setiap bulan yang wajib dibayar. Dengan bantuan simulasi, masyarakat dapat merencanakan alokasi dana agar KPR bisa dilunasi.

Simulasi KPR kini dapat dilakukan melalui berbagai cara. Baik mengunjungi situs milik bank, situs khusus jual dan beli rumah, bertemu konsultan KPR, hingga mengunduh aplikasi simulasi. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari simulasi KPR adalah seperti berikut:

1. Dapat Menentukan Berapa Jumlah Pinjaman

Masyarakat bisa mencari tahu dan menentukan berapa pinjaman yang hendak diajukan untuk KPR. Dengan begitu, persiapan budget lebih mudah dan bisa dilakukan sejak dini sehingga pengeluaran bulanan tidak terganggu. Estimasi jumlah cicilan sangat penting untuk pengelolaan pengeluaran, agar bisa mengaturnya lebih bijak.

2. Memudahkan Pemilihan Jenis Kredit

Dengan simulasi, masyarakat akan terbantu dalam memilih apa jenis kredit yang hendak diajukan ke perbankan. Saat ini banyak aplikasi simulasi KPR yang menyediakan fitur seperti KPR, KPA, dan sebagainya.

3. Membantu Memilih Tenor

Saat menggunakan aplikasi KPR, pengguna bisa menggunakan fitur tenor, yakni jangka waktu dari pinjaman yang hendak digunakan. Tenor KPR bervariasi mulai dari 1 tahun dan paling lama 20 hingga 30 tahun. Melalui simulasi, perkiraan jumlah cicilan bisa dilakukan dengan mengganti tenornya.

4. Mencari Tahu Besaran Suku Bunga

Manfaat selanjutnya adalah memperkirakan suku bunga, yang termasuk bagian penting dalam KPR. Umumnya ada dua jenis suku bunga, yakni anuitas dan flat. Berbekal aplikasi simulasi yang berkualitas, pengguna dapat mengetahui informasi persentase hingga besaran uang yang perlu dibayar setiap bulannya.

Aplikasi Simulasi KPR Terbaik

Sebelumnya telah dibahas mengenai pentingnya melakukan simulasi KPR sebagai persiapan sejak jauh hari. Salah satu fasilitas yang dapat mewadahi kebutuhan ini adalah menggunakan aplikasi. Berbekal smartphone, pengguna sudah bisa melakukan perhitungan KPR melalui aplikasi seperti berikut:

1. Rumah.com

Pertama ada Rumah.com, aplikasi populer besutan PropertyGuru yang dilengkapi fitur memadai. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, dengan tampilan antarmuka sederhana namun menarik. Di sini pengguna dapat melihat daftar properti yang dapat diakses kapan saja.

Pengguna dapat menemukan informasi rumah, apartemen, hingga ruko yang terdapat di seluruh Indonesia. Jika ingin mencari wilayah tertentu, cukup mengatur filternya sesuai daerah yang diinginkan. Beberapa fiturnya seperti peta, foto, agen yang terhubung, properti terdekat, analisa properti, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan kalkulator untuk simulasi KPR agar bisa menghitung berapa pinjamannya. Di Rumah.com pengguna bisa mendapatkan informasi seputar properti terbaru agar tak tertinggal. Jika ada pencarian yang disukai, bisa disimpan terlebih dahulu agar tidak hilang.

2. Simulasi KPR

Aplikasi simulasi KPR berikutnya dibuat oleh mindi.id, yang memungkinkan pengguna untuk menghitung KPR-nya dengan mudah. Tampilannya cukup sederhana, pengguna cukup memasukkan angka, provinsi, dan data-data lainnya. Apps ini memiliki fitur yang cukup lengkap.

Di antaranya penghitungan DP KPR, biaya provinsi, pajak pembeli, perhitungan PNBP, dan lain-lain. Ada juga perhitungan untuk balik nama, bunga kredit, dan pengetahuan penting lainnya tentang perhitungan KPR. Pengguna dapat menyimpan hasil simulasinya menjadi file PDF dan dibuka kapan saja.

3. Pinhome

Berikutnya ada aplikasi Pinhome yang memiliki penilaian baik yakni 4.5. Hal ini sepadan dengan fiturnya yang lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Fokus utama Pinhome adalah membantu pengguna berkonsultasi KPR, membeli rumah, hingga mendapatkan layanan seperti jasa rumah tangga.

Aplikasi multifungsi ini tidak hanya membantu penggunanya membuat simulasi KPR, namun juga menggunakan layanan bergaransi untuk rumahnya. Bagi yang hendak mencari properti, Pinhome menyediakan informasi yang dapat memandu pengguna, terutama pemula dalam bidang properti.

Beberapa di antaranya seperti panduan membeli properti, mengecek budget ideal, melihat opsi pembayaran, dan lain-lain. Keunggulannya adalah pengguna bisa berkonsultasi properti dengan jadwal kunjungan yang fleksibel. Periksa langsung unit yang diinginkan agar lebih akurat dan terpercaya. Gunakan simulasinya untuk merencanakan KPR dari sekarang.

4. 99.co Indonesia

Rekomendasi aplikasi simulasi KPR berikutnya adalah 99.co yang juga memiliki websitenya sendiri. Situs ini memungkinkan penggunanya mencari properti idaman melalui daftarnya yang lengkap. Dengan desain antarmuka yang didominasi warna biru, pengguna bisa memakainya dalam waktu lama karena nyaman di mata.

99.co dapat menghubungkan langsung penggunanya dengan kontak agen yang berkaitan dengan properti pilihannya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Termasuk melakukan simulasi KPR dengan alat bantu hitung yang mudah dimengerti, lengkap denagn diagram.

Pengguna dapat menyimpan iklan favorit untuk dibuka kembali lain waktu. Properti yang tersedia pun bukan hanya rumah. Melainkan juga apartemen, ruko, gudang, dan lainnya di Indonesia. Fitur lainnya seperti pencarian peta, foto, pencarian detail, dan sebagainya bisa membantu penggunanya menemukan properti impian.

5. Rumah Idamanku

Rumah Idamanku merupakan aplikasi simulasi KPR yang mendapatkan penilaian tinggi di App Store. Apps ini masih berada dalam naungan Pinhome, sehingga kualitasnya terjamin. Rumah Idamanku menyediakan ribuah pilihan properti yang siap KPR ataupun KPA. Bahkan, pengguna dapat langsung mengajukan KPR melalui Mandiri.

Selain itu, pengguna juga dapat menghitung simulasi KPR-nya terlebih dahulu agar bisa mengetahui gambaran lengkap pembayarannya. Kalkulator KPR yang tersedia dapat membantu perhitungan agar dapat disesuaikan budget dan lebih akurat.

Apps ini merupakan solusi bagi pengguna yang membutuhkan rumah siap huni berkualitas baik. Beberapa fitur tambahannya seperti memilih lokasi strategis, schedule visit, pencarian, dan konsultasi dengan agen.

6. Rumah123

Aplikasi ini masih berada dalam naungan grup 99.co yang berfokus menyediakan properti premium. Dalam apps ini, pengguna dapat mencari informasi detail properti yang diinginkannya. Lengkap di berbagai wilayah Indonesia. Tersedia juga simulasi untuk menghitung KPR yang terdiri dari dua pilihan.

Ada konvensional, yakni kredit rumah melalui pilihan plafon serta tenor pinjaman yang disesuaikan kebutuhan. Selain itu ada yang bersifat syariah, sistem pembiayaan rumah yang sesuai dengan syariat Islam yakni tanpa bunga. Pengguna juga dapat mengetahui status informasi kelayakan serta syarat untuk mengajukan KPR.

Demikian ulasan mengenai aplikasi simulasi KPR yang direkomendasikan. Berbekal aplikasi, masyarakat dapat mempersiapkan sejak dini untuk kebutuhan mencicil rumah sendiri nantinya. Tidak hanya mengetahui mekanismenya, namun juga membantu agar lebih terarah dalam mempersiapkan dana untuk kebutuhan KPR.