free page hit counter
aplikasi kelola toko online

7 Aplikasi Kelola Toko Online untuk Menghasilkan Keuntungan Besar

Ada banyak kemudahan yang dapat dirasakan, seiring berkembangnya zaman. Salah satunya yakni dalam membangun usaha, karena kini penjual tidak lagi harus menjajakan produknya secara offline. Pasalnya, sudah banyak aplikasi kelola toko online yang dapat diakses dengan mudah tanpa biaya sewa.

Hanya saja, memang harus cermat dalam memilih platform mengingat saking banyaknya marketplace di Indonesia. Pastikan untuk memilih yang cukup terkenal dan populer. Mengapa? Karena aplikasi yang banyak pengunjungnya dapat memberikan peluang besar pada produk yang dijual, sehingga cepat laris.

Kendati demikian, saingannya pastilah tak sedikit. Untuk mengatasinya penjual bisa mengikuti sistem kerja aplikasi seperti memberikan gratis ongkir, cashback, dan sebagainya. Adapun aplikasi untuk mengelola toko dapat dipilih pada rekomendasi berikut:

1. Shopee Seller

Siapa yang tidak mengenal aplikasi kelola toko online yang sangat terkenal ini. Sekalipun tidak pernah menggunakannya untuk berbelanja, tetapi tidak akan asing dengan Shopee. Pasalnya, iklannya bertebaran dimana-mana dan lagunya pun sudah hafal diluar kepala.

Mungkin beberapa penjual khususnya pemula enggan memilih aplikasi satu ini, karena pasti banyak saingannya dan merasa sulit untuk laku. Padahal tidak demikian, sebab terdapat banyak strategi yang bisa dilakukan. Misal mengikuti semua promo dan memasang harga murah.

Murah disini bukan harus rugi, melainkan mengambil keuntungan sedikit dengan tujuan menarik pelanggan. Namun tak sedikit yang sama sekali tidak mengambil untung di awal supaya mendapat ulasan. Dengan begitu, produk dapat dipercaya pembeli.

Lantaran pengguna biasanya takut membeli produk yang belum terjual satu pun, apalagi harganya sama seperti toko lain yang sudah berlabel star. Setidaknya harga rendah yang ditawarkan dapat menarik untuk mencoba pembelian.

2. Tokopedia Seller

Marketplace yang berwarna hijau ini, sama populernya seperti Shopee. Di Indonesia sendiri penggunanya cukup banyak bahkan sekarang sudah tersedia di beberapa negara Asia. Jadi jangkauan penjualan menjadi lebih luas dan mudah.

Penjual tidak perlu mencari ekspedisi dan mengirim barang dengan jumlah besar. Semua sudah difasilitasi oleh pihak Tokopedia. Itulah kemudahan berjualan melalui marketplace.

Tidak berbeda jauh dengan rekomendasi sebelumnya, aplikasi satu ini juga menawarkan banyak promo. Seperti gratis ongkir, voucher cashback, poin, dan lainnya. Selain itu, pemilik toko akan mendapatkan arahan tentang cara meningkatkan penjualan.

Supaya berhasil, pastikan untuk mengikuti semua fasilitas pelatihan yang diberikan tanpa biaya. Jadi, aktifkan notifikasi toko agar tidak ketinggalan informasi. Pun pemberitahuan orderan.

3. Lazada Seller

Awalnya Lazada menjadi aplikasi kelola toko online yang populer sebelum adanya Shopee. Sayangnya, sekarang berada di posisi bawah meski tetap banyak pemakainya. Hal tersebut, karena berbagai alasan yang membuat pengguna berpindah ke lain. Salah satunya harga yang ditawarkan cukup mahal.

Namun keunggulan lain, ialah bisa memasarkan produk hingga luar negeri dengan mudah seperti ke Korea, China, Hongkong, dan Singapura. Bahkan tersedia fasilitas sewa gudang disana dengan harga terjangkau.

Walaupun tidak se-populer dulu, marketplace Lazada mempunyai banyak kelebihan karena sudah lama beroperasi. Sehingga jangkauannya lumayan luas dan besar dibanding lainnya.

Mungkin penjual bisa memilih produk yang menarik pelanggan luar negara agar penjualan meningkat, mengingat banyak saingan bila menjual barang yang umum. Misalnya memasarkan produk handmade unik.

Karena orang luar suka sesuatu yang unik padahal di lokal tidak berguna. Cukup tingkatkan kreatifitas yang akhirnya menghasilkan cuan.

4. BliBli Seller

Jika berbicara tentang aplikasi kelola toko online BliBli, sebenarnya terdengar kurang menarik. Padahal marketplace satu ini mempunyai banyak sekali kelebihan. Dimana pengiriman cepat, aman, dan harga termurah.

Memang ada kekurangan yang membuatnya tidak begitu digemari. Salah satunya adalah sedikitnya pilihan metode pembayaran. Aplikasi BliBli lebih cocok bagi penjual yang akan memasarkan barang elektronik besar karena banyak pembelinya.

Alasannya yakni sistem pengemasan yang sangat aman seperti menggunakan kayu tanpa biaya tambahan. Jika berniat menjual produk besar apapun termasuk elektronik, maka bisa memilih platform pemasaran berwarna biru ini.

5. Bukalapak

Salah satu platform pemasaran yang berasal dari Indonesia yaitu Bukalapak. Aplikasi buatan lokal ini tidak kalah dengan aplikasi lainnya karena selalu berinovasi. Selain menyediakan produk lengkap seperti marketplace serupa, Bukalapak mempunyai banyak keunggulan lain.

Dimana bisa menjajakan produk bekas dengan cepat. Cocok untuk pemilik reparasi yang mempunyai barang bekas yang layak jual agar menghasilkan cuan. Mengingat aplikasi identik dengan warna maroon ini sudah sangat terkenal sebagai platform penyedia produk perbaikan, tetapi tetap berkualitas.

Jadi tidak heran jika barang yang dijual akan cepat meraih keuntungan, karena sudah menjadi andalan. Bahkan sekarang pun bisa menjual kendaraan dimana dulunya hanya produk seperti pakaian, sepatu, elektronik, dan lain sebagainya.

Menjual produk konvensional sebenarnya bisa. Hanya saja tak sedikit pesaingnya sebab banyak toko lain dengan kualitas yang terpercaya.

6. Baleomol

Rekomendasi aplikasi kelola toko online yang cocok bagi yang mempunyai produk sendiri yaitu Baleomol. Disini penjual bisa mendapatkan peluang besar agar jualan cepat laris. Mengapa? Karena, umumnya sering dicari oleh reseller dan dropship untuk dijual kembali.

Dengan begitu, produk yang ditawarkan secara tidak langsung dipasarkan pula oleh orang lain dengan gratis. Sehingga tingkat penjualannya menjadi lebih tinggi.

Pesaingnya juga tidak begitu banyak karena memang hasil produksi sendiri. Mungkin lebih fokus ke pembuatan produk yang berbeda, berkualitas dan harga yang murah agar banyak penjualannya.

Apabila tidak memiliki modal besar, strategi yang cukup menjanjikan yaitu bisa menjajakan makanan kemasan yang mana saat ini banyak peminatnya. Pertahankan kualitas serta rasa agar dapat bersaing terus.

7. Jakmall

Tanpa disadari ternyata banyak sekali produk estetika yang dibeli dari sebuah aplikasi distributor. Seperti stickers, jam, dan produk handmade lainnya. Memang penjual bisa langsung mempromosikan barang melalui marketplace yang terkenal.

Akan tetapi, lebih baik jika memilih aplikasi untuk mengelola toko online yang khusus sebagai pemasok produk. Alasannya, agar banyak memperoleh affiliate dari reseller maupun dropship, sehingga lebih mudah memasarkan produk tanpa biaya iklan.

Sama seperti aplikasi Baleomol, produk yang ditawarkan sangat beragam. Saran yang diberikan jika tidak mempunyai cukup modal yaitu membuat produk DIY atau makanan kemasan.

Itulah rekomendasi pilihan aplikasi kelola toko online terpercaya dan populer untuk menghasilkan keuntungan. Sebenarnya lumayan banyak aplikasi lain yang lebih spesifik untuk penjualan produk. Seperti Hijabenka, Sociolla, Dinomarket, dan lainnya. Namun aplikasi di atas yang bagus untuk menjadi pilihan.

Jika ingin menjangkau pasar yang lebih luas hingga ke seluruh negara, terdapat pula aplikasi lain yang sangat terkenal. Misal Amazon, Etsy, Alibaba, dan banyak aplikasi lainnya yang dapat dicoba.

Hanya saja, disarankan untuk menjual produk yang cukup unik serta tidak ada di pasaran luar. Jadi bisa menguasai pasar tanpa saingan. Bagusnya lagi kalau merupakan produk buatan sendiri entah tradisional, unik ataupun handmade. Silahkan cari referensi produk apa yang sekiranya laku di pasar global.