free page hit counter
aplikasi simulasi kredit mobil

7 Aplikasi Simulasi Kredit Mobil Di Android

Artikel diperbarui pada 14 Oktober 2022.

Simulasi kredit saat ini sangat penting dilakukan sebelum melakukan kredit pada mobil atau semacamnya. Cara ini dilakukan agar pengguna bisa melakukan perbandingan dengan pendapatan tiap bulan. Untuk melakukan simulasi sudah banyak tersedia aplikasi simulasi kredit mobil untuk digunakan.

Dengan memanfaatkan aplikasi seperti itu nantinya pengguna jadi tahu tentang pembayaran cicilan dalam setiap pembiayaan mobil yang dibeli. Jika begini, tentunya pengguna jadi tahu soal berapa cicilan dalam tiap bulannya. Sehingga mampu mengimbangi dengan pendapatan tiap bulan.

Simulasi kredit ini bisa dijadikan sebagai acuan agar sistem keuangan tidak kocar-kacir. Tentunya karena pengguna sudah bisa memperkirakan pengeluaran tiap bulannya. Berikut beberapa aplikasinya:

1. Kalkulator Kredit – Syaban

Aplikasi pertama yang bisa pengguna gunakan untuk melakukan simulasi kredit adalah dengan menggunakan kalkulator Kredit. Aplikasi ini sudah aman digunakan karena sudah tersedia di Play store. Pengguna juga tidak perlu membayar atau berlangganan untuk menggunakan aplikasi Kalkulator Kredit ini.

Kalkulator Kredit sendiri ada banyak macamnya, namun yang pertama ini ditawarkan oleh Syaban dengan ukuran download sekitar 2.39 MB saja namun tentunya belum termasuk data di dalamnya. Agar bisa berjalan optimal, alangkah baiknya digunakan pada android minimal 4.0.3.

Di dalamnya juga disediakan tiga jenis bunga yang bisa dihitung pada aplikasi ini, selain itu akan ditunjukkan juga simulasi angsuran per bulannya. Kalkulator Kredit juga tak hanya untuk menghitung kredit mobil saja. Karena jika ingin menghitung kredit lainnya pun bisa di dalam aplikasi ini.

2. Kalkulator Pinjaman Kredit

Pada urutan yang kedua mengenai aplikasi simulasi kredit mobil ada aplikasi bernama Kalkulator Pinjaman Kredit. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Droidot publisher. Kalkulator Pinjaman Kredit sendiri masih baru dirilis pada tahun ini.

Benar, aplikasi Kalkulator Pinjaman Kredit ini baru dirilis pada bulan Mei tahun 2022 sehingga masih sedikit yang mengunduh, namun juga sudah lebih dari 500 pengunduhan. Karena hal tersebut juga aplikasi ini belum memiliki komentar atau review dari penggunanya.

Aplikasi ini juga tidak meminta akses izin pada bagian-bagian penting dalam ponsel seperti galeri, kontak dan semacamnya. Hanya saja aplikasi hanya bisa dijalankan secara online. Namun hal tersebut justru menjadikan aplikasi ini aman. Selain itu pengguna juga tidak diharuskan membayar.

3. Kalkulator Kredit IQ

Pada urutan ketiga ada lagi aplikasi bernama Kalkulator Kredit IQ. Jadi aplikasi ini tak hanya bisa digunakan untuk simulasi kredit mobil saja, namun juga bisa digunakan untuk simulasi KPR dan juga jenis kredit lainnya. Tentunya aplikasi ini bisa digunakan gratis.

Selain untuk melakukan perhitungan kredit biasa, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghitung pinjaman Studi. Bisa juga digunakan untuk menghitung pembayaran KPR, suku bunga yang dikenakan oleh pihak bank dan lainnya. Bahkan bisa digunakan untuk menghitung jangka waktu kredit.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh Handy apps yang secara keseluruhan bisa digunakan secara gratis. Akan lebih baik lagi jika pengguna memakainya di android minimal 4.1. Untuk ukuran downloadnya juga lumayan kecil yakni hanya 8.47 MB saja.

4. Simulasi Kredit Syariah

Selanjutnya masih ada lagi aplikasi simulasi kredit mobil bernama Simulasi Kredit Syariah. Bisa digunakan untuk menghitung kredit mobil yang berbasis syariah adalah salah satu fungsinya. Tak hanya untuk menghitung simulasi kredit mobil saja, namun juga untuk rumah dan motor.

Bahkan di dalamnya terdapat beberapa kalkulator dari beberapa bank syariah, sehingga pengguna bisa membandingkan margin yang ada pada bank-bank tersebut. Terpenting lagi, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis. Karena memang tidak memerlukan pembayaran atau berlangganan apa pun.

Simulasi Kredit Syariah juga tergolong aman karena bisa diunduh di play store. Selain itu aplikasi tidak meminta akses apapun pada data penting yang ada di ponsel. Sehingga keamanan data pengguna tetap akan terjaga dan tidak khawatir disebarkan.

5. Simulasi Kredit Motor Mobil

Masih ada aplikasi simulasi kredit yang bisa pengguna gunakan untuk melihat gambaran saat akan melakukan kredit. Aplikasi tersebut bernama Simulasi Kredit motor mobil yang ditawarkan oleh id inc. Ukuran downloadnya pun cukup ramah hanya sekitar 7.79 mb saja.

Pengguna bisa menghitung kredit dan sesuaikan dengan pihak bank manapun tempat melakukan kredit tersebut. Simulasi Kredit Motor Mobil ini juga didesain dan bisa digunakan secara gratis. Sehingga bisa siapa saja boleh menggunakan tanpa keberatan biaya langganan.

Selain dapat digunakan untuk menghitung kredit mobil dan motor, menghitung kredit rumah juga bisa dilakukan oleh simulasi kredit. Aplikasi ini bahkan bisa digunakan pada android minimal 4.4. Tapi karena aplikasi ini baru dirilis, jadi belum ada ulasannya di Play store.

6. Kalkulator Pinjaman: Cicilan, – ZLabs

Selain lima aplikasi yang telah disebutkan, masih ada lagi aplikasi simulasi kredit mobil bernama Kalkulator Pinjaman: cicilan. Kalkulator Pinjaman ini merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh ZLabs. Pengguna bisa menghitung pembayaran bulanan, menghitung bunga hingga hasil tabungan awal.

Namanya memang tidak khusus, sebab memang aplikasi ini bisa digunakan pada segala jenis pinjaman. Informasi ini juga sudah ditulis oleh developer pada disclaimer yang ada di Play store. Jadi tentu aplikasi ini bisa digunakan untuk menghitung simulator kredit mobil.

Meskipun banyak fitur yang tersedia di dalamnya, namun ukuran download kalkulator pinjaman tidak terlalu besar karena hanya sekitar 10.14 MB saja. Sayang aplikasi ini tidak semua fitur bisa digunakan secara gratis. Karena ada pembeli seharga 40 ribu per itemnya.

7. Kalkulator Kredit – (Angsuran)

Aplikasi terkadang yang akan dibahas kali ini adalah aplikasi bernama Kalkulator Kredit. Masih sama seperti aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya hanya saja berbeda pengembangnya. Kalkulator Kredit sendiri ditawarkan oleh EONSOFT dengan ukuran download hanya sebesar 3.45 MB saja.

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk menghitung kredit mobil yang sedang atau akan pengguna lakukan. Bahkan pengguna juga bisa menghitung bunga dari kredit tersebut. Sehingga akan memudahkan pengguna untuk melihat simulasi dari kredit mobil yang akan diambil tersebut.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, akan lebih baik jika diunduh pada android minimal 4.4 atau dengan tipe yang jauh lebih tinggi. Namun jika dilihat dari salah satu komentar di play store kalkulator kredit tidak menyediakan bahasa Indonesia. Sehingga akan menyulitkan beberapa orang.

Demikian adalah tujuh aplikasi simulasi kredit mobil yang bisa pengguna coba gunakan. Dengan beberapa aplikasi tersebut sekiranya pengguna jadi tahu simulasi dari kredit pinjaman yang akan dilakukan. Sehingga pengguna jadi bisa mengatur keuangan dalam tiap bulannya agar keuangan tidak berantakan.

Namun perlu diingat juga, bahwa setiap aplikasi yang sudah disebutkan memiliki sistem atau penghitungan simulasi tersendiri. Sehingga pengguna juga harus pintar dalam memilih agar aplikasi benar-benar bermanfaat saat digunakan. Selain itu perhatikan juga tentang keamanan dari aplikasi yang akan didownload.