free page hit counter
aplikasi upload foto dibayar

Rekomendasi Aplikasi Upload Foto Dibayar, Dapatkan Penghasilan dari Hobimu

Hobi memotret dan mengunggah foto? Sekarang banyak aplikasi upload foto dibayar yang membuka kesempatan bagi penggunanya. Secara sederhana, pengguna akan mendapatkan uang dengan mengupload foto. Bukan hanya foto yang diambil dengan kamera, melainkan juga yang memakai smartphone.

Saat ini, banyak orang mampu mengambil foto berkualitas karena teknik yang baik, didukung kualitas smartphone yang semakin memadai. Potensi ini sayang jika dibiarkan begitu saja. Sambil melatih skill mengambil foto, tidak ada salahnya mengunggah di aplikasi untuk mendapatkan uang. Apa saja aplikasinya?

1. Shutterstock

Shutterstock adalah situs yang populer untuk mengunggah foto agar bisa dijual dan mendapatkan uang. Saat ini, Shutterstock juga hadir dalam versi aplikasi yang bisa digunakan untuk Android maupun iOS. Platform foto ini memiliki jumlah pengguna yang terus bertambah, dengan konsep kuat.

Masyarakat dapat mendaftar dengan mudah kemudian turut berkontribusi dalam mengunggah foto karyanya. Pengguna juga dapat membuat album koleksi, mendapatkan informasi dari artikel, juga membeli karya foto sebagai inspirasi.

Platform aktif ini menghasilkan hingga 150 ribu foto baru setiap harinya. Harga fotonya berkisar 9.99 dolar. Untuk menerima pembayaran hasil menjual foto, pengguna perlu memiliki akun PayPal terlebih dahulu. Shutterstock bisa didownload dengan ukuran 17 MB saja.

2. EyeEm

Aplikasi upload foto dibayar selanjutnya adalah EyeEm, yang dikembangkan oleh EyeEm Mobile. Apps berukuran 25 MB ini memungkinkan penggunanya mengupload foto berkualitas yang bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan. Dengan jumlah pengguna melebihi 10 juta, kesempatan menjual foto semakin besar.

EyeEm juga memberikan misi harian yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hadiah dan menjadi lebih dikenal pengguna lainnya. Sehingga bisa memperluas jaringan dan membuka peluang bekerjasama. Pengguna juga dapat bergabung dengan komunitas di EyeEm yang berisi para fotografer, sehingga bisa saling belajar dan berbagi.

3. 500px

Berikutnya ada 500px, aplikasi upload foto dibayar terbaik yang bisa diakses gratis maupun berbayar. Jika menggunakan versi gratisnya, pengguna hanya diperbolehkan untuk mengunggah tujuh foto dalam seminggu. Sambil menunggu waktunya mengupload lagi, pengguna bisa meningkatkan skill-nya untuk hunting foto berkualitas.

500px juga dilengkapi dengan komunitas online dimana para fotografer bisa saling berinteraksi. Di 500px, pengguna dapat menghasilkan uang melalui penjualan lisensi foto. Namun sebelumnya, perlu mengatur licensing earning melalui situs resmi 500px.

Barulah aktivitas mengunggah foto dilanjutkan menggunakan smartphone. Di 500px juga terdapat challenge (tantangan) fotografi yang diadakan. Jika menang, bisa mendapatkan hadiah hingga mencapai ratusan USD. Apps ini juga berukuran kecil, yakni 12 MB.

4. Agora Images

Apps besutan AGORA Awards ini memudahkan penggunanya, baik pemula maupun profesional untuk menjual foto. Jika dulunya Agora Images merupakan tempat jual dan beli foto, sekarang terjadi perombakan besar, yaitu menjadi marketplace NFT.

Agora membuka kesempatan bagi para kreator untuk mengirimkan karya foto maupun video. Konten tersebut nantinya disandingkan dengan karya yang lain dengan sistem voting. Barulah foto yang terpilih berhak mendapatkan NFT di Agora.

Namun jika tidak berfokus ke NFT, pengguna tetap bisa mengupload foto. Apabila ada yang disetujui, maka foto tersebut bisa dibeli banyak orang (unlimited). Tidak perlu mengunggah berkali-kali, dari satu foto bisa mendapatkan penghasilan terus-menerus. Agora Images bisa diunduh dengan ukuran 37 MB.

5. Foap

Foap adalah aplikasi upload foto dibayar yang mengusung beragam tema. Mulai dari produk makanan, aktivitas anak, bahkan kegiatan berkebun. Yang terpenting adalah kualitas foto tersebut baik dan memiliki resolusi cukup tinggi. Sebab, persyaratannya adalah mencapai minimal 1280×960 pixel.

Jika lebih besar, kemungkinan untuk disetujui akan semakin tinggi. Sistem yang berlaku di Foap adalah bagi hasil, dimana pemilik foto akan mendapatkan hasil penjualan sebesar 50%. Apps berukuran 35 MB ini juga rutin menyelenggarakan kompetisi yang berhadiah ratusan dolar.

6. Dreamstime

Dreamstime merupakan aplikasi dimana penggunanya mendapatkan uang melalui penjualan foto online. Apps ini terbuka bagi masyarakat yang hobi mengambil foto melalui kamera smartphone. Namun, tentunya ada syarat tertentu untuk mengunggah. Foto minimal diambil dari kamera 2.5 megapixel untuk memastikan resolusinya terjaga.

Dari lisensi gambar, apps berukuran 25 MB ini memberlakukan sistem bagi hasil mulai 20% sampai 60%. Keuntungan yang didapatkan dari sebuah foto biasanya sekitar 12 dolar. Bukan saja keuntungan dari segi materi, Dreamstime juga dibekali dengan komunitas aktif.

Pengguna dapat berdiskusi dengan sesama fotografer terkait foto yang laku, tema yang sedang ramai, tips pengambilan foto, dan lain-lain. Keunggulan Dreamstime yaitu memungkinkan penggunanya mengunggah foto sebanyak-banyaknya, selama resolusinya sesuai persyaratan.

7. Contributor by Getty Images

Aplikasi upload foto dibayar selanjutnya adalah Contributor by Getty Images. Mendengar nama Getty Images, tentu banyak yang tidak asing. Seringkali ketika mencari gambar, nama situs ini muncul di berbagai gambar. Tidak heran, sebab situs ini sangat populer dan didukung banyak kontributor yang kompeten.

Pengguna dapat mengupload foto, namun perlu melalui review terlebih dahulu dari pihak Getty Images. Unggah setidaknya tiga sampai enam foto sebagai bahan penilaian. Barulah akan ditentukan apakah pengirim layak untuk menjadi kontributor.

Jika sudah menjadi kontributor, bisa mendapatkan royalti untuk setiap lisensi foto yang dibeli. Variasi pembagian royaltinya mulai 15% sampai 45%. Peluang mendapatkan pembeli cukup tinggi, sebab Getty Images memiliki klien hingga jutaan dari berbagai negara.

8. Snapwire

Aplikasi upload foto dibayar ini diperuntukkan bagi pengguna iPhone maupun gadget keluaran Apple lainnya. Apps ini dapat digunakan untuk berjualan hasil foto dengan kisaran harga yang lumayan tinggi. Bagi hasilnya pun bervariasi, bisa semakin tinggi tergantung permintaan pemilik brand.

Umumnya, bagi hasil berkisar antara 50% hingga 70% karena harus memberikan kompensasi untuk platform Snapwire. Jika ingin memakai aplikasinya untuk mengunggah foto, pengguna perlu mendaftar terlebih dahulu.

Dilanjutkan dengan mengupload beberapa foto sampai ada karya yang diberikan persetujuan oleh Snapwire. Karya tersebutlah yang bisa diperjualbelikan dan membuka peluang untuk mendapatkan klien lainnya.

9. Photerloo

Photerloo merupakan alat bantu yang bisa membantu pengguna terintegrasi dengan beragam marketplace foto. Contohnya Shutterstock, Alamy, Adobe Stock, dan lain sebagainya. Apps ini mendapatkan penilaian yang tinggi yakni mencapai 4.8.

Dengan memanfaatkan Photerloo, pengguna dapat mengirimkan foto sekaligus ke berbagai platform marketplace foto. Namun tentunya wajib sudah mendaftar pada platform yang dimaksud. Dengan Photerloo, bisa lebih efisien untuk mengunggah foto dalam jumlah banyak.

Belum lagi, Photerloo juga dibekali alat untuk riset keyword serta hastag apa yang relevan dengan foto. Sehingga bisa meningkatkan peluang foto terlihat oleh banyak orang dan menarik minat pengguna lainnya. Ukuran aplikasinya 62 MB. Cukup besar, namun dibekali dengan fitur yang lengkap.

Demikian informasi tentang aplikasi upload foto dibayar yang dapat dicoba. Adanya proses review membuat pengguna lebih teliti, peka, dan terus meningkatkan skill pengambilan fotonya. Sehingga dapat dipastikan bahwa foto-foto yang diunggah di semua apps tersebut berkualitas baik.