free page hit counter
aplikasi kirim uang antar negara

8 Rekomendasi Aplikasi Kirim Uang Antar Negara yang Bisa digunakan

Artikel diperbarui pada 16 Oktober 2022.

Mari ketahui aplikasi kirim uang antar negara yang bisa digunakan di jaman sekarang. Berkembangnya teknologi, membuat semua itu mampu dilakukan cuma dengan sekali klik melalui perangkat. Termasuk dalam hal mengirim uang ke seseorang.

Dahulu, untuk melakukan pengiriman uang ke seseorang, pengguna hanya bisa memanfaatkan bank ataupun pos sebagai perantaranya. Itu berlaku bagi yang sesama negara. Jika berbeda negara, mengirim uang sedikit sulit dan biaya juga tidak murah. Namun, kini sudah banyak alternatif caranya.

Pengguna cukup menggunakan aplikasi kirim uang antar negara untuk dapat transaksi hal tersebut. Hanya dengan menggunakan HP dengan internet yang stabil, pengiriman dapat berlangsung aman dan cepat.

1. PayPal

Salah satu aplikasi kirim uang antar negara yang bisa dimanfaatkan dan sudah tak asing lagi di telinga masyarakat yakni PayPal. Aplikasi ini merupakan platform yang menyediakan layanan elektronik dan memfasilitasi pembayaran antar pihak dengan via transfer online.

Melalui PayPal pengguna dapat mengirim atau membayar barang yang dibeli melalui luar negeri. Selain itu, pengguna juga dapat menerima dana dari orang yang berada di luar negeri. Banyak yang telah memanfaatkan PayPal untuk hal tersebut, bahkan untuk menerima gaji sekalipun.

Melakukan pengiriman dana antar rekening PayPal akan dikenakan biaya administrasi. Begitupun dengan memindahkan saldo bank ke akun PayPal dan sebaliknya. Tak lupa, pengguna harus memiliki kartu dengan logo VISA atau Mastercard untuk mendaftar akun.

2. Wise

Selain itu, pengguna dapat menggunakan aplikasi Wise untuk melakukan pengiriman uang. Wise merupakan perusahaan asal Inggris yang memberikan layanan transfer dana antar negara melalui situs resminya atau aplikasi. Oleh karenanya, Wise sangat amat praktis untuk transaksi antar negara.

Prosesnya tidak memakan waktu lama untuk dana yang masuk ke rekening tujuan, sekitar 30 menit saja. Biaya yang dikenakan lebih murah dari yang lain. Wise juga memakai nilai tukar atau kurs yang nyata, sehingga tidak akan ada mark up harga.

Keuntungan lainnya dari aplikasi ini, pihak penerima tidak perlu memiliki akun Wise untuk menerima uang transferan. Tentu ini menjadi poin plus, karena memudahkan orang yang butuh kepraktisan dalam penggunaannya. Wise tersedia pengiriman lebih dari 50 negara dengan 20 mata asing.

3. Venmo

Selanjutnya, aplikasi kirim uang antar negara yang bisa dimanfaatkan yaitu Venmo. Banyak pengguna, terutama pebisnis yang memanfaatkan aplikasi ini supaya dapat melakukan transaksi mengirim uang ke negara yang berbeda. Pengguna dapat mengaksesnya melalui Google Play Store yang ada di HP.

Selain itu, dapat menghubungkan melalui kartu kredit, debit dan rekening bank AS. Jika pengguna mengirim dana melalui rekening bank atau kartu debit, tidak akan dikenai biaya tambahan. Namun, jika melalui kartu kredit akan dikenai biaya 3% dari pihak kartu kredit.

Baik penerima atau pengirim perlu memiliki akun Venmo untuk bertransaksi. Uang sampai di penerima dalam waktu 30 menit jika menggunakan layanan instan dan dikenakan biaya 1% dari nominal yang di transfer. Tersedia layanan gratis, tetapi memakan waktu 1-3 hari kerja.

4. Transfez

Pengguna bisa mengandalkan Transfez sebagai aplikasi kirim uang antar negara selain yang telah disebutkan di atas. Transfez merupakan aplikasi buatan dalam negeri. Telah mempunyai lisensi dan diawasi oleh Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan, sehingga sudah jelas aman untuk digunakan.

Proses transaksi tidak lama, dikirim dan diterima pada hari yang sama. Nilai kurs tak jauh beda dengan rate dari Bank Indonesia dan adanya flat free, yakni biaya administrasi yang tidak besar seiring dengan besarnya jumlah nominal uang yang di transfer.

Transfez tidak hanya diperuntukkan untuk urusan personal saja, tetapi juga memiliki fitur khusus yang diperuntukkan aktivitas bisnis. Dapat melakukan pengiriman uang lebih dari 50 negara melalui online dengan nilai kurs yang kompetitif, transparan dan biaya transaksi tetap.

5. Flip

Ada Flip, aplikasi kirim uang antar negara buatan dalam negeri yang bisa diandalkan. Aplikasi yang berdiri saat tahun 2016 ini memiliki fitur Flip Globe yang berguna untuk bertransaksi ke luar negeri. Namun sayangnya, Flip hanya tersedia ke 10 negara saja.

Beberapa review dari penggunaan aplikasi Flip mengatakan, aplikasi ini mudah dan nyaman untuk digunakan karena tampilannya yang sangat user friendly. Selain itu, beban biaya administrasi yang ditanggung pengguna juga tidak besar yakni mulai empat puluh lima ribu rupiah.

Pengguna hanya perlu membuat akun dan menggunakan fitur layanan Flip Globe. Kemudian memilih mata uang negara untuk pihak penerima, jumlah nominal yang diinginkan dan data diri dari si penerima. Selanjutnya, tinggal lakukan konfirmasi maka transaksi bisa berhasil. Cukup mudah bukan?

6. Western Union

Pengguna juga bisa menggunakan Western Union untuk melakukan pengiriman uang antar negara. Western Union telah memberikan layanan kirim uang berbasis online sebanyak 200 negara. Pengguna dapat mengaksesnya melalui laman situsnya atau dari aplikasinya.

Aplikasi Western Union cukup populer digunakan dan termasuk salah satu saingan dari aplikasi PayPal sendiri. Sebelumnya, orang Indonesia mengirim uang ke luar negeri melalui pihak ini yang bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia.

Oleh karena itulah yang membuat warga Indonesia sendiri banyak yang memanfaatkan aplikasi ini. Selain itu, Western Union tidak mengenakan biaya di setiap transaksi yang dilakukan. Pihaknya telah mengambil fee melalui jumlah rate antar mata uang tersebut.

7. Ace Money Transfer

Terakhir, pengguna dapat memanfaatkan Ace Money Transfer sebagai layanan pengiriman uang ke luar negeri. Jaringan yang dimiliki menembus dari mulai Eropa, Asia, Afrika, Amerika Latin dan lainnya. Oleh karenanya, aplikasi ini layak diperhitungkan.

Selain itu, Ace Money Transfer telah memiliki lebih dari 250 ribu titik lokasi yang terhubung dengan aplikasi ini sehingga akses pun mudah dan cepat. Tampilan aplikasi juga mudah dipahami dan digunakan sebagaimana mestinya, bahkan oleh pengguna baru sekalipun.

Tersedia layanan untuk Question and Answer, sehingga memudahkan pengguna yang merasa kebingungan atau pertanyaan dalam proses transaksinya. Ace Money Transfer dapat terhubung dengan kartu kredit atau debit yang dimiliki pengguna, sehingga semakin mempermudah dan terbantu prosesnya.

8. World Remit

Rekomendasi terakhir aplikasi kirim uang antar negara yakni World Remit. Aplikasi ini sama bergunanya seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu pengguna dapat mengirimkan uang ke negara lain dengan cepat dan mudah melalui aplikasinya.

Worldremit sendiri menyediakan layanan pengiriman ke 100 negara yang bisa diakses melalui HP dengan sistem iOS ataupun Android. Maka dari itu, pengguna tidak perlu khawatir karena semua dapat mengaksesnya.

Layanan yang cepat dan mudah pastinya dibutuhkan pengguna ketika keadaan darurat untuk mengirim uang ke kerabat yang berbeda negara. Worldremit bisa mengatasi untuk permasalahan tersebut.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi kirim uang antar negara yang bisa jadi pilihan pengguna. Semua aplikasi, pastinya memudahkan pengguna dalam mengirim uang secara online ke luar negeri. Sehingga tak perlu repot untuk datang ke lokasi penyedia layanan.

Cukup akses aplikasinya di Google Play Store HP pengguna atau halaman situsnya, pengguna telah bisa melakukan transaksi tersebut. Tentunya tidak membuang waktu di tengah aktifitas yang padat dan cukup praktis dengan klik saja.

Setiap aplikasi kirim uang antar negara yang disebutkan diatas, pasti ada poin plus dan minusnya. Pengguna tinggal membandingkan antar aplikasi tersebut dan pilihlah yang sekiranya cocok dengan tujuan dan keinginan pengguna.