free page hit counter
aplikasi simulasi kredit bank syariah

Aplikasi Simulasi Kredit Bank Syariah dan Info Lengkapnya

Untuk mengetahui simulasi kredit bank syariah, sekarang sudah banyak aplikasi simulasi kredit bank syariah gratis yang tersedia secara online. Jadi calon nasabah akan lebih mudah mengetahui gambaran sistem kreditnya dan pastinya akan menjadi terbantu.  

Produk kredit pada bank syariah tidak mengenakan bunga atau menggunakan sistem jasa. Melainkan memakai sistem bagi hasil dan total angsurannya pun sudah ditentukan sedari awal. Jadi jumlah angsuran yang harus ditanggung nasabah setiap bulannya akan tetap.

Dalam simulasi atau kalkulator kredit, nasabah dapat memasukkan berapa besaran kredit yang akan diajukan dan jangka waktunya. Serta jumlah margin yang akan disepakati, jadi perhitungan kredit akan lebih rinci. Agar lebih jelas silahkan simak informasinya di bawah ini!

Daftar Aplikasi Simulasi Kredit Bank Syariah

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit alangkah baiknya memang memperkirakan terlebih dahulu kondisi di masa depan. Salah satu caranya yakni dengan memakai bantuan aplikasi simulasi atau kalkulator kredit. Berikut rangkuman daftar aplikasinya:

1. Simulasi KPR Dekoruma.com

Ialah salah satu situs yang menyediakan simulasi atau kalkulator untuk menghitung KPR dari berbagai bank syariah. Salah satunya adalah BSI, jadi bila ingin mengajukan kredit ke BSI, simulasi ini bisa digunakan. Untuk melakukan simulasi, nasabah bisa memasukkan data sebagai berikut:

  • Pendapatan pokok per bulan.
  • Estimasi cicilan lain per bulan.
  • Lama pinjaman (tahun).

Setelah mengisi data di atas maka nasabah akan di rekomendasikan harga terbaik untuk memilih atau membeli properti. Bahkan Dekoruma juga memberi rekomendasi hunian yang bisa didapatkan dengan harga yang telah direkomendasikan tersebut.

Jadi aplikasi simulasi kredit bank syariah ini sangat cocok bagi para nasabah yang sedang mengidamkan hunian baru. Sebab selain bisa menghitung kredit nasabah juga sekaligus dapat melihat gambaran rumah yang cocok dengan biaya yang dimiliki.

2. Aplikasi dari BTN Syariah

Selanjutnya adalah aplikasi yang secara khusus dikeluarkan oleh BTN Syariah untuk menghitung rencana keuangan. Pada aplikasi ini nasabah juga bisa menghitung simulasi KPR dengan cara mengisi data-data yang dibutuhkan. Berikut beberapa data yang harus diisikan, yaitu:

  • Jenis kebutuhan (subsidi atau non subsidi).
  • Harga properti (Rp).
  • Uang muka (Rp).
  • Margin (%).
  • Lama pinjaman (tahun).

Setelah mengisi data di aplikasi simulasi kredit bank syariah tersebut silahkan ketuk tombol Hitung untuk melihat simulasi kredit yang akan diajukan. Bila ingin mengulang simulasi dan perhitungannya silahkan klik pada tombol Ulang. Dengan begitu nasabah akan mengetahui perhitungan kredit secara rinci.

3. Simulasi pada Rumah123.com

Kemudian ada lagi aplikasi simulasi yang dapat digunakan untuk menghitung kredit dari bank syariah. Namun aplikasi ini dikhususkan untuk melakukan kalkulator KPR bank syariah yang rencananya akan diambil. Sama seperti aplikasi sebelumnya, simulasi ini juga membutuhkan data-data seperti berikut ini:

  • Harga properti (Rp).
  • Uang muka (minimum 20%).
  • Jangka waktu (tahun).
  • Margin/tahun (%).

Setelah mengisi data-data tersebut silahkan tekan tombol Hitung maka aplikasi simulasi kredit bank syariah secara otomatis akan menampilkan perhitungannya. Beberapa informasi yang akan ditampilkan dari hasil perhitungan adalah sebagai berikut:

  • Biaya angsuran/bulan.
  • Pembayaran pertama.
  • Total pembiayaan pertama.
  • Detail pinjaman.
  • Ketentuan penghasilan minimal.

Jadi dibanding aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi dari Rumah123.com ini lebih rinci dan dapat menjadi gambaran. Walaupun begitu, tetap saja apa yang ditampilkan dalam aplikasi hanyalah estimasi angka jadi tingkat keakuratannya masih bisa berubah. Terlebih jika telah dihitung oleh bank secara mandiri.

4. Kalkulator KPR Syariah Simulasikredit.com

Terakhir untuk aplikasi simulasi kredit bank syariah yaitu ada dari Simulasikredit.com. Dalam situs ini telah disediakan kalkulator atau simulasi yang dapat membantu untuk melakukan perhitungan terhadap kredit di bank syariah. Untuk melakukan perhitungan, data yang diperlukan yaitu:

  • Harga rumah (rupiah).
  • Uang muka atau DP (%) dari harga rumah.
  • Jangka waktu atau tenor (tahun).
  • Margin bank (%) per tahun.
  • Perhitungan margin (anuitas atau flat).

Setelah semua data terisi dengan benar, maka step selanjutnya yaitu dengan menekan tombol Kalkulasi. Setelah menekan tombol tersebut secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan data-data sebagai berikut:

  • Data diri pengaju kredit.
  • Perhitungan KPR.
  • Penghasilan minimum per bulan.
  • Tabel angsuran.

Jadi aplikasi terakhir ini akan menyajikan informasi lebih lengkap lagi. Bahkan dalam tabel angsuran sudah dilakukan perhitungan secara terperinci angsuran yang harus ditanggung dalam kondisi yang berbeda-beda. Karenanya aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk simulasi kredit.

Akad Kredit Bank Syariah

Dalam bank syariah tentunya sistem kredit yang diterapkan berbeda dengan bank konvesional. Perbedaan yang sangat menonjol yaitu pada akad yang diberlakukan. Pada bank syariah terdapat akad Ijarah Muntahia Bittamleek (IMBT) dan akah Istishna, namun akad yang paling sering dipraktikkan yaitu:

1. Akad Murabahah

Pada akad jenis ini bank syariah akan melakukan kredit atau membeli properti yang diinginkan oleh nasabah. Kemudian dijual kembali dengan harga yang telah ditambahkan dengan margin yang telah disepakati di awal.

Namun tenang saja karena aplikasi simulasi kredit bank syariah juga bisa membantu perhitungannya. Jadi jika nasabah ingin membeli properti dengan harga Rp 300 juta. Maka bank akan membeli properti tersebut dahulu kemudian menjualnya kembali dengan ditambah keuntungan. 

2. Akad Musyarakah Mutanaqisah

Kedua, akad ini memiliki sistem bank dan nasabah bersama-sama melakukan pembelian properti yang telah disepakati. Kemudian nasabah akan membeli properti tersebut dari bank secara kredit, besaran angsurannya pun ditentukan dari kesepakatan bersama.

Jadi misal properti yang diincar seharga Rp 300 juta, nasabah akan membayar 20% dan bank sebanyak 80%. Setelahnya nasabah dapat menggunakan properti tersebut dengan sistem sewa.

Keunggulan Kredit Bank Syariah

Setelah mengetahui aplikasi simulasi kredit bank syariah, penting juga mengetahui lebih lanjut tentang kredit bank syariah. Kredit menggunakan bank syariah artinya adalah pengajuan pembiayaan dengan proses yang sesuai syariat Islam. Perbedaan kredit pada bank syariah dan bank konvesional yang paling utama adalah bebas bunga. 

Di samping itu, bank syariah juga akan memberlakukan jangka waktu atau tenor lebih singkat dari bank konvensional. Tak hanya berhenti sampai di situ, bank syariah juga memiliki banyak kelebihan dan keunggulan lain. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bebas Bunga dan Penalti

Sistem bunga tak diberlakukan pada bank syariah, begitu juga dengan denda, penalti,  maupun sanksi. Hal ini dikarenakan sistem bunga yang bertentangan dengan aturan Islam. Jadi yang diberlakukan adalah margin yang telah disepakati bersama.

2. Uang Muka Ringan

Keunggulan lain yang telah diketahui dari aplikasi simulasi kredit bank syariah sebelumnya yaitu uang muka yang lebih ringan. Jadi akan lebih memudahkan bila ingin melakukan kredit namun uang masih belum mencukupi.

3. Biaya Cicilan Tetap

sebab saat mengajukan kredit, biaya margin sudah ditentukan sedari awal. Maka jumlah angsuran atau cicilan per bulannya bersifat tetap, istilah untuk ini yaitu flat.

Sebetulnya di aplikasi simulasi kredit bank syariah sudah ada keterangan bahwa setiap bank memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Ketentuan tersebut  juga dapat memberi pengaruh terhadap biaya angsuran yang dijatuhkan. 

Tak perlu khawatir akan riba sebab sistem kredit pada bank syariah sudah dijamin aman. Karena memiliki sistem yang sesuai dengan syariat Islam melalui akad yang telah ditentukan. Jadi nasabah dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu keuntungan yang didapat oleh bank syariah pun telah melalui kesepakatan bersama. Jadi nasabah telah mengetahui dan menyetujui pembiayaan kredit sedari awal secara rinci. Untuk itu, kredit pada bank syariah sangat cocok khususnya bagi para umat muslim yang tetap ingin mengajukan angsuran.