free page hit counter
aplikasi kirim uang ke luar negeri

Inilah Aplikasi Kirim Uang ke Luar Negeri yang Aman dan Mudah Digunakan

Aplikasi kirim uang ke luar negeri saat ini mulai bermunculan dan sangat memudahkan dalam bertransaksi luar negeri. Bahkan pengguna tidak perlu repot mengkonversi mata uangnya terlebih dahulu karena dapat dilakukan secara otomatis.

Ketika zaman dahulu, pengiriman uang ke luar negeri sangat sulit dilakukan karena sedikitnya platform yang ada. Namun semakin berkembangnya zaman, mulai banyak bermunculan aplikasi yang mampu untuk melakukan pengiriman uang secara internasional, baik dari perbankan maupun Lembaga keuangan lainnya. 

Apalagi dunia digital sedang sangat berkembang saat ini. Mungkin beberapa orang akan bingung apa saja aplikasi yang terpercaya untuk melakukan transaksi luar negeri. Untuk itu, berikut akan dibahas aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk pengiriman dana luar negeri. Yuk, mari disimak!

1. PayPal

Masyarakat tentu tidak asing lagi dengan aplikasi bernama PayPal ini. Platform yang sering dimanfaatkan untuk berbagai pembayaran, terutama bagi pekerja lepas atau perusahaan yang bekerja sama dengan pihak luar negeri, tentu menggunakan PayPal sebagai medianya.

Selain dapat digunakan dalam bentuk aplikasi, platform ini juga tersedia dalam bentuk website dan juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi luar negeri. Untuk memiliki akun, pengguna perlu memahami beberapa ketentuan agar tidak bingung saat menggunakannya.

Untuk batas pengiriman pengguna hanya dapat mengirimkan sejumlah USD 10.000 sampai USD 60.000 untuk sekali transaksi. Hal ini untuk menghindari adanya pengiriman uang secara ilegal. 

2. Wise

Aplikasi kirim uang ke luar negeri selanjutnya adalah bernama Wise. Merupakan sebuah perusahaan asal Inggris, aplikasi ini memberikan biaya pengiriman dana yang murah, yaitu kurang dari 1% untuk setiap transaksinya. 

Selain mudah, melakukan pendaftaran di Wise juga mudah, yaitu hanya perlu mendaftar dengan akun Google atau Facebook. Tapi, bagaimana dengan keamanannya? Para pengguna tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sudah terdaftar dan mendapat izin dari BI.

Dengan adanya hal tersebut, tentu setiap transaksi yang dilakukan akan terawasi dan minim resiko kehilangan. Selain itu, Wise juga menyediakan tim khusus untuk melindungi pengguna dari penipuan dan kebocoran data.

3. FLIP

Hadir dari dalam negeri, FLIP menjadi salah satu aplikasi yang dapat mengirim dana ke luar negeri dengan cepat dan juga aman. Telah terdaftar di Bank Indonesia, pengguna tidak perlu khawatir akan keamanan dan perizinan dari aplikasi ini. 

Tidak hanya itu, FLIP juga memberikan biaya transfer yang cukup murah untuk transaksi luar negeri, yaitu hanya mulai dari Rp 45.000,- saja. Karena buatan anak negeri, pengguna asal Indonesia tidak perlu khawatir terkendala bahasa karena tersedia pilihan layanan dalam bahasa Indonesia.

Untuk melakukan pengiriman dana keluar negeri sangat mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu membuat akun FLIP, kemudian melakukan Login. Pilih FLIP Globe dan pilih negara serta informasi rekening tujuan untuk mengirim dana. Setelah itu, masukkan nominal dan konfirmasi pengiriman. 

4. Transfez

Masih dari dalam negeri, aplikasi kirim uang ke luar negeri selanjutnya adalah Transfez. Aplikasi yang mendapatkan suntikan dana dari East Ventures dan BEENEXT ini dapat dijadikan sebagai platform untuk mengirim uang secara aman ke luar negeri dan terpercaya.

Dalam segi fee atau biaya administrasi, Transfez memberikan jenis flat fee, yang berarti biaya administrasi tidak akan bertambah walau nominal yang akan dikirim besar. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir biaya yang dikeluarkan akan mahal. 

Selain itu, keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah kecepatan pengiriman serta rate kurs yang tidak berbeda jauh dengan Bank Indonesia. Dalam kecepatan, dana yang dikirim oleh pengguna akan diterima oleh penerima pada hari yang sama saat uang dikirim. 

5. Western Union

Mungkin beberapa orang sering mendengar tentang aplikasi satu ini. Pengguna tidak perlu diragukan dari segi keamanan, karena Western Union telah bekerja sama dengan Pos Indonesia yang merupakan BUMN sebagai media untuk melakukan transfer uang ke luar negeri.

Selain melalui aplikasi, pengguna juga bisa melakukan pengiriman dana ke luar negeri melalui website resminya, yaitu wu.com. Jika dibandingkan dengan PayPal, biaya pengiriman di Western Union lebih rendah dan memiliki nilai exchange yang lebih menguntungkan. 

Bekerja sama dengan beberapa bank lokal seperti Danamon, BNI, dan lainnya, menjadikan pengambilan uang dari aplikasi ini menjadi lebih mudah. Namun, apabila melakukan penarikan langsung ke bank cabang, pastikan untuk bertanya terlebih dahulu apakah melayani transaksi Western Union atau tidak.

6. HSBC

Selain melalui perusahaan FinTech, pengiriman ke luar negeri juga bisa melalui rekening Bank, salah satunya HSBC. Bank asal Hongkong ini memberikan layanan kepada nasabahnya untuk mengirim dana ke luar negeri, baik nasabah pribadi maupun perusahaan. 

Bagi badan yang memiliki bisnis atau supplier luar negeri tentu akan sangat terbantu dengan adanya layanan ini yang bahkan dapat menerima dana secara real time. Dengan adanya, fasilitas Global Transfer, pengiriman antar rekening HSBC di seluruh dunia menjadi lebih mudah.

7. Top Remit

Rekomendasi aplikasi kirim uang ke luar negeri selanjutnya adalah Top Remit. Aplikasi yang berpusat di Indonesia juga ini mampu membantu para pengguna untuk melakukan pengiriman dana secara cepat serta murah ke luar negeri. 

Mengapa disebut murah? Karena Top Remit memberikan fee untuk administrasi dimulai dari Rp 45.000 tergantung dari negara tujuan. Namun, untuk pengiriman dana pada negara yang sama, aplikasi ini menetapkan flat fee atau biaya admin yang sama berapapun jumlah transfer-nya. 

Selain itu, bagi pengguna baru, Top Remit memberikan gratis biaya admin untuk transaksi pertama yang dilakukan. Bila ragu akan fee yg perlu dibayar, pengguna bisa mengeceknya terlebih dahulu melalui website resminya di topremit.com.

8. DigiBank

Dan Digibank dari Bank DBS menjadi cara yang terakhir untuk pengiriman uang ke luar negeri. Aplikasi digital dari perbankan ini mampu membantu nasabah untuk mengirim uang ke luar negeri dengan fitur Transfer Valuta Asing.

Terdapat dua layanan valuta asing pada aplikasi kirim uang ke luar negeri satu ini, yaitu transfer Valas bebas biaya dan regular. Untuk layanan yang gratis atau tanpa biaya, nasabah dapat mengirim ke lebih dari 20 negara.

Adapun negara tujuan yang tidak dikenakan biaya adalah Australia, Singapura, Inggris, Negara Eurozone, Hongkong, Amerika Serikat, dan Kanada. Sedangkan negara yang tidak termasuk akan dikenakan biaya reguler yaitu USD 10 per ekuivalen untuk biaya servis dan minimal USD 25 per ekuivalen biaya bank agen.

Itulah aplikasi kirim uang ke luar negeri yang dapat diakses melalui HP maupun website resmi. Bertambah canggih teknologi, kemudahan dalam bertransaksi semakin meningkat. Bahkan melakukan transfer uang ke luar negeri dapat dilakukan dalam hitungan menit.

Munculnya berbagai platform keuangan, baik dari perbankan atau Lembaga keuangan lainnya seperti perusahaan financial technology, memberikan beragam pilihan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, adanya kebijakan SWIFT dalam bertransaksi Internasional meningkatkan keamanan atas dana yang dikirimkan.

Tidak hanya kemudahan yang ditawarkan, nilai biaya administrasi dan nilai tukar uang yang beragam membuat pengguna bisa memilih mana yang memiliki biaya transaksi termurah. Seluruh aplikasi tersebut sudah aman karena terdaftar di Bank Indonesia dan juga OJK.