free page hit counter
aplikasi administrasi desa excel gratis

Mengenal 6 Aplikasi Administrasi Desa Excel Gratis dan Manfaatnya

Pencatatan administrasi dari sebuah desa, sangat diperlukan untuk menunjang berbagai keperluan di desa. Pada zaman dulu pencatatan ini masih dilakukan dengan cara tradisional dan manual. Seiring dengan perkembangan zaman, kini sudah ada aplikasi administrasi desa Excel gratis untuk digunakan.

Selain gratis aplikasi seperti ini, juga pastinya akan meminimalisir kesalahan dari proses pencatatan. Bagi orang awam yang kurang mendalami teknologi, mungkin tidak akan tahu tentang aplikasi ini.

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya sebenarnya aplikasi apakah ini? Dan apa keunggulan yang ditawarkan? Selain itu, banyak orang yang mungkin masih bingung dengan jenis-jenis aplikasinya. Oleh karena itu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Aplikasi Administrasi Desa Excel Gratis dan Jenisnya

Topik pertama yang akan dibahas adalah tentang apa itu aplikasi administrasi desa excel. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan sebuah layanan yang akan membantu mencatat data-data di desa. Mulai dari data anggaran, identitas warga, dan masih banyak lagi.

Aplikasi seperti ini juga tersedia dalam berbagai jenis. Masing-masing aplikasi tersebut, tentunya memiliki keunggulan masing-masing dan fitur yang sangat beragam. Simak penjelasan berikut ini terkait dengan jenis-jenis aplikasi administrasi desa:

  • Administrasi Umum. Jenis aplikasi ini digunakan untuk melakukan pencatatan data yang bersifat umum. Bisa berupa data yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan masyarakat. Contohnya adalah pencatatan inventaris kantor desa.
  • Administrasi Penduduk. Jenis selanjutnya adalah aplikasi yang dipakai untuk mencatat hal-hal yang terkait dengan penduduk. Aplikasi seperti ini akan sangat dibutuhkan, terutama oleh desa yang mempunyai banyak pendatang. Hal ini diperlukan supaya tidak ada penduduk yang ilegal dalam sebuah desa.
  • Administrasi Keuangan. Hal selanjutnya yang perlu dicatat, tentu saja adalah keuangan. Semua dana yang masuk atau keluar harus dicatat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemantauan aliran dana. Dengan aplikasi seperti ini, maka tingkat korupsi di sebuah desa bisa diminimalisir.
  • Administrasi Pembangunan. Aplikasi berikutnya mempunyai fungsi untuk mencatat pembangunan dari sarana dan prasarana di desa. Aplikasi ini juga mencatat pembangunan mental dari warga desa. Contohnya adalah kegiatan mengasah keahlian atau pengadaan pelatihan.
  • Administrasi Menyangkut BPD. Sebagai sebuah lembaga, Badan Permusyawaratan Desa berperan penting dalam hal kerja sama dengan kepala desa. Fungsi BPD sendiri mirip dengan DPR yakni membuat peraturan desa. Selain itu lembaga ini juga bertugas untuk melayani masyarakat desa secara langsung.

Semua ulasan tentang apa itu aplikasi administrasi desa dan jenis-jenisnya mempunyai dasar hukum. Semuanya sudah diatur di undang undang Tahun 2014 Nomor 6 tentang keharusan desa dalam menerapkan tata tertib administrasi. Hal ini penting karena menyangkut data banyak orang.

Contoh Aplikasi Administrasi Desa Excel Gratis

Setelah mengenal apa itu aplikasi administrasi desa maka hal penting selanjutnya adalah mengetahui contoh aplikasinya. Pembahasan ini penting karena di internet banyak sekali aplikasi administrasi yang dapat dipilih. Pengguna tentunya perlu mengetahui fitur dan keunggulan masing-masing. Berikut ini penjelasannya:

1. Panduk

Aplikasi administrasi desa Excel gratis yang pertama adalah Panduk. Sudah banyak orang yang memakai aplikasi ini karena dianggap sederhana. Aplikasi ini juga mampu memonitor berbagai data dan tersusun secara sistematis.

Panduk dapat digunakan dalam pengecekan identitas di KTP atau Kartu Keluarga. Pelaporan dari desa atau penduduk juga dapat diurus dengan mudah lewat aplikasi ini Tertarik untuk mencoba menggunakannya?

2. Simdesa

Selanjutnya ada aplikasi administrasi desa yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat dan juga pemerintahan desa. Aplikasi ini juga mempunyai ruang komunikasi yang transparan. Fitur ini akan membantu penyelesaian masalah dengan lebih mudah.

Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah manajemen berita. Ketika masyarakat mengurus data maka semuanya bisa langsung update dalam waktu singkat. Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan karena Simdesa sudah menjaminnya.

3. Siskeudes

Berikutnya ada aplikasi yang akan meningkatkan kualitas dalam hal administrasi keuangan. Yang menarik adalah aplikasi ini bersifat terbuka dalam melakukan pencatatan berbagai sumber keuangan pemerintah desa.

Pengaturan yang ada pada aplikasi ini juga sudah diatur sesuai dengan kebutuhan penggunanya sehingga mudah digunakan. Aplikasi Siskeudes juga sudah dilengkapi dengan pengendalian internal yang senantiasa diperbarui. Dengan aplikasi ini pengelolaan APBD dana desa akan jadi lebih mudah.

4. Sipede

Berikutnya ada aplikasi yang bisa mengatur banyak bidang. Penggunaan aplikasi dalam mengatur data tentunya lebih efisien jika dibandingkan dengan cara manual. Dengan aplikasi seperti ini, sistem pemerintahan juga akan jadi semakin kuat.

Itulah ulasan tentang 4 aplikasi administrasi desa yang dapat dicoba untuk mengelola data. Masing-masing aplikasi tentunya memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing. Bagi pengguna yang tidak ingin ribet maka dapat memilih aplikasi dengan banyak fungsi sekaligus.

Manfaat Aplikasi Administrasi Desa Excel

Secara sederhana fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan pekerjaan dalam mengelola data di desa. Hal itu tentu tidaklah salah karena pembuatan aplikasi memang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selain itu aplikasi juga akan dapat mempersingkat waktu dalam menginput data.

Semua pekerjaan yang dikerjakan dengan aplikasi yang tepat bisa selesai lebih cepat dan dapat meminimalisir kesalahan. Pengguna juga tidak perlu ribet memasukkan data secara manual. Simak pembahasan lengkap berikut ini terkait dengan manfaat aplikasi administrasi desa:

  • Efektif dan cepat. Manfaat pertama yang akan dibahas adalah dari segi waktu dan tenaga yang diperlukan. Dengan aplikasi semua pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan efektif. Penduduk tidak lagi harus antri lama hanya untuk mengajukan laporan atau perubahan data.
  • Jauh lebih hemat. Berbeda dengan pengisian data secara manual, input data menggunakan aplikasi dianggap lebih murah. Hal itu karena pembelian aplikasi cukup dilakukan sekali dan sudah bisa digunakan dalam waktu yang lama. Pejabat desa tidak perlu membeli alat tulis berkali-kali.
  • Data lebih akurat. Keuntungan terakhir adalah tingkat keakuratan data yang sangat tinggi. Input data yang dilakukan secara manual sering mengalami kesalahan karena yang mengerjakan adalah manusia. Nah dengan bantuan aplikasi maka proses input data dapat dilakukan dengan kesalahan sekecil mungkin.

Demikianlah ulasan tentang aplikasi administrasi desa Excel gratis yang perlu diketahui. Kini pengguna jadi tahu apa itu aplikasi administrasi desa dan apa saja jenis-jenisnya. Dengan demikian penggunaan aplikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan desa.

Kemudian dengan adanya contoh-contoh aplikasi administrasi desa yang sudah dibahas maka pengguna tidak perlu bingung untuk memilih. Aplikasi yang sudah dibahas di atas memiliki banyak keunggulan dan pastinya aman untuk digunakan.

Dengan mempertimbangkan berbagai keunggulan yang dimiliki maka tak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa, orang yang mengoperasikan aplikasi ini haruslah sudah paham betul dengan cara penggunaannya. Hal ini diperlukan untuk menghindari masalah di kemudian hari.